Semarakkan Peringatan HUT ke-77 RI, Ditjen Bina Bangda Bagikan Zakat serta Gelar Berbagai Perlombaan

POJOKPUBLIK.ID – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membagikan zakat serta menggelar berbagai perlombaan.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), sekaligus memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah.

Adapun kegiatan ini dirangkaikan dengan upacara apel pagi yang berlangsung pada Senin (15/8/2022). Dalam apel tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Bangda Kemendagri Teguh Setyabudi bertindak sebagai pemimpin apel.

Pada kegiatan ini, digelar berbagai pertandingan olahraga serta penyerahan zakat kepada aparatur sipil negara (ASN) yang berhak. Kegiatan apel pagi dihadiri sebanyak 307 ASN di lingkungan Ditjen Bina Bangda Kemendagri dengan rincian 130 hadir secara daring dan 177 secara luring.

Dalam sambutannya, Teguh mengatakan, guna menyambut Dirgahayu Republik Indonesia Ditjen Bina Bangda Kemendagri menggelar serangkaian perlombaan. Adapun puncak dari rangkaian acara tersebut akan berlangsung pada Jumat (19/8/2022) dengan kegiatan senam pagi dan jalan sehat bersama.

Teguh berharap, berbagai kegiatan yang digelar dapat dilaksanakan dengan baik oleh jajaran pegawai Ditjen Bina Bangda Kemendagri.

“Pada peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, diharapkan semangat perjuangan tumbuh pada diri kita semua dalam bekerja, melaksanakan tugas-tugas negara, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kinerja dan realisasi anggaran Ditjen Bina Bangda, yang saat ini masih berada di posisi ke-5 dari bawah,” jelas Teguh.

Teguh mengingatkan agar seluruh jajaran Ditjen Bina Bangda dapat bersama-sama menjaga kesehatan, menegakkan protokol kesehatan, dan tetap semangat dalam bekerja.

“Semoga kita semua dapat bersinergi, kolaboratif, lebih erat kekeluargaan dan kompak selalu,” imbuh Teguh.

Dalam kesempatan yang sama, Teguh menyampaikan selamat bertanding kepada para peserta lomba. Dirinya juga berpesan agar selama lomba berlangsung, para peserta senantiasa mengedepankan sportivitas, semangat, dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Adapun pertandingan olahraga di lingkungan Ditjen Bina Bangda diawali dengan pertandingan ekshibisi yang dilaksanakan di GOR Ditjen Bina Bangda.

Di sisi lain, berkaitan dengan pembagian zakat, pendistribusiannya disalurkan kepada 10 mustahik. Para penerima tersebut merupakan ASN Ditjen Bina Bangda yang dinilai berhak menerima zakat. Dalam kesempatan itu, Teguh berpesan kepada jajaran Ditjen Bina Bangda agar senantiasa memperkuat ibadah berzakat dan serta memacu kepedulian untuk berbagi. Dirinya juga terus mendorong agar para mustahik kelak dapat menjadi muzaki.

 

(Nanda/puspen)

You might also like