Sosial Politik

Antisipasi Pemilu Curang, Gerakan Rakyat Disarankan Gunakan Simbol Pita Putih di Lengan

Avatar of Redaksi
×

Antisipasi Pemilu Curang, Gerakan Rakyat Disarankan Gunakan Simbol Pita Putih di Lengan

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Pemilu

JAKARTA – Analis komunikasi politik Hendri Satrio menyebut majunya anak presiden menjadi cawapres dalam pemilu 2024 merupakan fenomena Nepo Baby.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Dalam Nepo baby, anak-anak muda yang memiliki privilege seperti menjadi anak presiden mendapatkan akses tak terbatas tanpa melalui sebuah proses. Kondisi selain menurunkan semangat anak muda lainnya yang bukan anak presiden. Serta turut menutup peluang anak muda yang berprestasi dan memiliki nilai juang proses dalam mencapai satu posisi.

Menurutnya Gibran Rakabuming bukanlah representasi anak muda, “ia anak presiden, bukan anak muda berprestasi,” ujarnya, Senin 13 November 2023.

Founder lembaga survei KedaiKopi ini mengatakan meski era Orde Baru demokrasi ditindas, namun tidak pernah dan tidak ada satupun aturan yang dilanggar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan saat ini, penguasa secara telanjang merevisi aturan main agar kekuasaannya langgeng.

“Sejarah telah mengajarkan kita bahwa KKN merusak kehidupan bernegara. Bayangkan, jika saat ini aturan saja berani diubah demi kepentingan keluarga agar berkuasa kembali, apakah ada jaminan tidak akan ada aturan lainnya yang akan diubah demi kepentingan tersebut?” katanya.

Hensat mengatakan hakikat perjuangan reformasi adalah membatasi kekuasaan dan ini bertentangan situasi sekarang dimana penguasa ingin melanggengkan kekuasaan dengan mengubah aturan main.

Untuk melawan itu semua dan menentang kecurangan dalam Pemilu, suara masyarakatlah yang menjadi penentu. “Jangan Golput. Penuhi TPS dan jadilah saksi pemungutan dan penghitungan suara. Ini akan efektif mencegah penguasa yang ingin terus berkuasa, kalah dalam Pemilu,” ujarnya.

Ia menyarankan agar saat kampanye digunakan satu simbol warna yang menjadi bentuk penolakan kecurangan dalam Pemilu 2024. “Seperti simbol warna, misalnya putih. Dan pita putih diikatkan di lengan,” ujarnya.

Ia menambahkan, “dalam gerakan massa menolak kecurangan Pemilu, Paslon Capres dan Cawapres yang bisa dirugikan harus melibatkan penguasa negeri ini yaitu mengajak rakyat untuk lantang bersuara tolak kecurangan pemilu 2024,” tutupnya.