ASN Kemendagri Dibekali Kompetensi Berbasis Digital

POJOKPUBLIK.ID – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membekali para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terampil mengembangkan kompetensi berbasis digital, sekaligus dapat memanfaatkannya secara optimal. 

Hal itu dilakukan melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Media Belajar Digital di Kantor BPSDM Kemendagri, Senin (26/9/2022).

Kepala Pusat Standardisasi dan Sertifikasi BPSDM Kemendagri Lusje Tabalujan mengatakan, ke depan ASN akan menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam meningkatkan daya saing secara global untuk menuju birokasi kelas dunia pada 2024.

“Kini pembelajaran secara blended menjadi sebuah pilihan bagi peserta belajar, dan keterampilan digital menjadi salah satu kompetensi yang harus dipenuhi dan dimanfaatkan secara baik agar mampu menghadapi berbagai tantangan era digital, utamanya dalam dunia pendidikan,” tegasnya.

Lusje menambahkan, ASN pada hakikatnya bertugas melayani masyarakat. Karena itu, mereka diharapkan memiliki kualitas kompetensi yang mumpuni dan berdaya saing untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia dalam dua tahun mendatang.

Lebih lanjut, Lusje berharap seluruh peserta tidak sekadar mengetahui pembelajaran digital selama lima hari ke depan.

Namun, lebih dari itu mereka diharapkan sudah dapat memahami sekaligus mengimplementasikan materi yang didapat ke dalam unit kerja masing-masing.

Dengan begitu, pelatihan ini dapat berkontribusi dalam membuat perubahan positif di lingkungan unit kerja para peserta, sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pengelolaan kelas online hingga pembuatan asesmen online.

(Nanda/puspen)

You might also like