Ayep Zaki: Penyuluh Pertanian Yang Kompeten Garda Terdepan Kemajuan Indonesia

POJOKPUBLIK.ID – Ketua Dewan Pengarah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertani Indonesia, H. Ayep Zaki, SE MM, memberikan apresiasi kepada para Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantuan Penyuluh Pertanian Daerah (THL-TBPPD) Kabupaten Sukabumi yang telah mengikuti sertifikasi kompetensi Penyuluh Pertanian Kabupaten Sukabumi Gelombang kedua pada hari Minggu, 24 Juli 2022 di gedung SMA Doa Bangsa, Cibadak, Sukabumi.

Ayep Zaki menuturkan keprihatinannya akan nasib para THLTBPPD yang telah mengabdi sekian lama, bahkan ada yang sampai 10 tahun lebih mengabdi, namun status kepegawaian mereka belumlah jelas. “LSP pertani Indonesia diharapkan bisa menjamin kompetensi mereka. Fleksibilitas LSP pada proses asesmen bisa membantu para THLTBPPD mendapatkan pengakuan, namun tentunya fleksibilitas ini tidak melanggar aturan-aturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang telah ditetapkan.

Dan ini adalah bagian dari komitmen saya dalam membangun ekosistem pertanian yang berkeadilan, khususnya di Sukabumi ini. Penyuluh Pertanian harus jelas kompetensi profesinya, karena mereka adalah garda terdepan untuk mengusung Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia sebagai indikator Indonesia Maju.” jelas Ayep Zaki dengan penuh semangat.

Sertifikasi Penyuluh Pertanian Kabupaten Sukabumi Gelombang kedua ini diikuti oleh 29 calon asesi dan dibuka langsung oleh Bpk. Suparman, S. PKP, selaku PLT. UPMPEG Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, yang dalam sambutannya disampaikan bahwa pihak Dinas mengucapkan terima kasih kepada pihak LSP yang telah memfasilitasi kegiatan sertifikasi dan mengharapkan kompetensi penyuluh pertanian ini tetap terpelihara guna mendukung suksesnya sektor pertanian sebagai sektor yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan hajat hidup orang banyak.

You might also like