TangerangBanten

Bendungan Pintu Air 10 Cisadane Jebol, Perumdam TKR Kirim Mobil Tangki Demi Penuhi Air Bersih Ribuan Pelanggan

Avatar of Editor klan
×

Bendungan Pintu Air 10 Cisadane Jebol, Perumdam TKR Kirim Mobil Tangki Demi Penuhi Air Bersih Ribuan Pelanggan

Sebarkan artikel ini
Bendungan Pintu Air 10 Cisadane Jebol, Perumdam TKR Kirim Mobil Tangki Demi Penuhi Air Bersih Ribuan Pelanggan I PojokPublik

POJOKPUBLIK.ID Tangerang – Pintu Air 10 Cisadane Kota Tangerang mengalami kerusakan dan jebol hingga berdampak pada empat pintu lainnya yang tidak tertutup rapat semestinya. Jebolnya bendungan tersebut berdampak pada pelayanan air bersih di beberapa cabang Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang (23/07/2023).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Dihubungi terpisah, Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar mengkonfirmasi hal tersebut bahwa memang benar, jebolnya bendungan berdampak langsung kepada Perumdam TKR dikarenakan bahan baku air yang pihaknya gunakan diambil dari Sumber Mata Air Cisadane.

“Kondisi Pintu Air 10 jebol mengakibatkan distribusi air Perumdam TKR terganggu,” ujar Sofyan

Sofyan menjelaskan imbas dari kian menyusutnya debit air Bendungan Cisadane, sebanyak 31 ribu pelanggan yang terdiri dari 6 ribu pelanggan di cabang Mauk-Rajeg dan 25 ribu pelanggan di cabang Gading serpong terancam akan kesulitan air bersih.

“Harus dibantu dengan suplai air tangki oleh Perumdam TKR. Beberapa pelayanan di wilayah pelayanan Gading Serpong juga sudah sangat kritis karena air baku di permukaan intake sudah kering,” jelas Sofyan.

Sofyan mengungkapkan terkait permasalahan ini, mereka sudah berkoordinasi dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Heri Mulyono. Untuk tidakan pertama telah dilakukan pembendungan sementara di Pintu Air 10.

“Akan memberikan bantuan pinjaman pompa pomton kepada Perumdam TKR,” ucap Sofyan.

Selain itu untuk mendukung ketersediaan air bersih para pelanggan, pihaknya juga hingga saat ini telah melakukan pengerukan di beberapa lokasi pengambilan air dan mengirim mobil tangki ke pelanggan.

Perlu diketahui Pintu Air 10 Bendungan Cisadane telah mengalami kerusakan beberapa hari lalu. Ketinggian permukaan air yang normalnya seharusnya diatas 12 m kian menyusut menjadi sekitar 10 m-an. Hal ini sangat berdampak kepada beberapa perusahaan penyedia air di Tangerang dikarenakan kurangnya volume bahan baku yang semestinya.