Beri Edukasi Orang Tua Murid, Mahasiswa Program Kampus Mengajar UNS Adakan Seminar Parenting di SD Negeri 03 Wonorejo

POJOKPUBLIK.ID – Dalam rangka memberikan edukasi kepada orang tua peserta didik di SD Negeri 03 Wonorejo, salah satu kelompok mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan III dari Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Seminar Parenting yang mengusung tema “Aku Buah Hatimu, Bukan Investasimu.”

Sebelumnya, mahasiswa ini sudah ditempatkan di SD Negeri 03 Wonorejo untuk membantu sekolah dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik, membantu adaptasi teknologi, dan mengaktualisasikan potensi sesuai bidang studinya masing-masing melalui program Kampus Mengajar.

Selama kurang lebih 4 bulan berada di SD Negeri 03 Wonorejo, mahasiswa ini telah berusaha membantu pihak sekolah baik dari proses belajar mengajar, administrasi, adaptasi teknologi, dan mengadakan berbagai inovasi program atau kegiatan lain yang bermanfaat.

Sebagai puncaknya, mahasiswa Program Kampus Mengajar UNS yang terdiri dari Alma, Esti, dan Sonia ini menyelenggarakan Seminar Parenting yang berlangsung di SD Negeri 03 Wonorejo, Sabtu, (25/6/2022).

Dalam seminar tersebut turut diundang pembicara Bapak M. Munif Syamsuddin, S.Pd.I, M.A. selaku Dosen PG PAUD Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Seminar Parenting dihadiri oleh orang tua peserta didik serta bapak ibu guru SD Negeri 03 Wonorejo. Susunan acara terdiri dari pembukaan, sambutan dari Kepala Sekolah, penyampaian materi, sesi tanya jawab, penyerahan kenang-kenangan, foto bersama, dan penutup.

Dalam seminar tersebut, Bapak Munif selaku pembicara mengatakan bahwa sebagai orang tua, jangan menuntut anak dengan berbagai ekspektasi, biarkan anak mengembangkan potensi sesuai dengan kemampuan dan kemauan mereka sendiri.

Apabila orang tua terlalu memaksakan anak, maka anak bisa kehilangan potensi yang dimiliki dan membatasi jiwa kreativitasnya untuk berkembang.

Maka dari itu, keluarga positif sangat dibutuhkan untuk membawa perubahan yang baik bagi anak.

“Dengan adanya seminar ini orang tua menjadi lebih paham bagaimana cara memperlakukan anaknya dengan baik karena kebanyakan orang tua sering memaksakan keinginannya pada anak dan menuntut supaya anak menuruti kemauan orang tuanya,” kata Ibu Murni, salah satu peserta seminar.

Antusias dari peserta seminar luar biasa sekali terbukti dari banyaknya peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Semoga dengan adanya kegiatan seminar parenting ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga.

(Red)

You might also like