Nasional

Catatan Kinerja Kemenkumham Sumatera Barat 2021

Avatar of Editor klan
×

Catatan Kinerja Kemenkumham Sumatera Barat 2021

Sebarkan artikel ini
Catatan Kinerja Kemenkumham Sumatera Barat 2021 I PojokPublik

POJOKPUBLIK.ID PADANG – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenklumham) Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya mengajak seluruh jajaran pemasyarakatan untuk merefleksikan kinerja Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar selama tahun 2021 dan berharap agar seluruh jajarannya terus meningkatkan etos kerja demi mencapai sasaran Kemenkumham pada tahun 2022 “Menjadi Insan Pengayoman yang Lebih Baik”.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Hal ini disampaikan Kakanwil pada acara Apel Siaga Jajaran Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat pada Jumat (24/12). Apel yang digelar di Lapangan Upacara Kanwil Kemenkumham Sumbar ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy sebagai Pembina serta dihadiri pula oleh Pimpinan Forkopimda dan Pimpinan Instansi Mitra Kemenkumham Sumbar.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, jajaran Pemasyarakatan Kemenkumham Sumbar yang terdiri dari Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah dan 26 UPT Pemasyarakatan yang tersebar diseluruh Kabupaten/Kota tetap memberikan kinerja terbaik.

1.137 Petugas Pemasyarakatan berperan dalam pemeliharaan keamanan dan tata tertib Lapas/Rutan/Bapas serta membina 6.245 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terdiri dari 1.223 Tahanan, 5.022 Narapidana, dan 2.893 Klien Bapas. Selain itu, UPT Pemasyarakatan lainnya, yakni Rupbasan Kelas I Padang tercatat telah mengamankan sejumlah Barang Sitaan dan Barang Rampasan sebanyak 40 Barang, yang terdiri dari 22 unit mobil dan barang lainnya.

Sepanjang tahun 2021 telah dilaksanakan 722 kegiatan operasi razia di lingkungan Lapas dan Rutan se-Sumatera Barat. Program pelaksanaan pelayanan rehabilitasi narkotika bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang berpusat di Lapas Kelas IIA Padang Dan LPKN Kelas III Sawahlunto juga terlaksana dengan sangat baik, dengan jumlah peserta rehabilitasi medis sebanyak 100 orang dan rehabilitasi sosial sebanyak 400 orang.

Baca juga : Ombudsman Awasi Pelaksanaan Tes Kesamaptaan CPNS Kemenkumham Banten

Keberhasilan lainnya adalah kinerja baik petugas dalam melaksanakan tugas pengamanan. Kesuksesan petugas dalam menggagalkan penyelundupan narkoba dan barang terlarang lainnya kedalam Lapas/Rutan di UPT Pemasyarakatan Sumatera Barat sebanyak 6 kali yaitu pada Lapas Kelas IIB Pariaman, Lapas Kelas IIB Solok, Rutan Kelas IIB Padang dan Lapas Kelas IIB Sijunjung dengan barang bukti berupa ganja, dan sabu-sabu. Beberapa tersangka telah di tangkap dan di vonis hukuman penjara.

Prestasi – Prestasi Jajaran Pemasyarakatan Sumatera Barat Tahun 2021:

Lapas Terbuka Pasaman sebagai Lapas Terbaik Pertama di bidang Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (Penghargaan oleh Menteri Hukum dan HAM RI)
Lapas Terbuka Pasaman sebagai Lapas Terbaik Kedua Kegiatan Pengembangan Jagung Wilayah Khusus Lapas/Rutan Tahun 2021 (Penghargaan oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI) Lapas Kelas III Suliki sebagai Unit Pelaksana Teknis Terbaik Kedua dalam penyelenggaraan Bahan Makanan Bagi WBP (Penghargaan oleh Menteri Hukum dan HAM RI).

Pegawai Lapas Kelas IIB Solok Juara II Kejuaraan Wushu Indonesia All Games 2021 di Jakarta 24 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Se-Sumatera Barat menerima Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM (Penghargaan oleh Menteri Hukum dan HAM RI).

Baca juga : Wakil Gubernur Pimpin Apel Siaga di Kanwil Sumbar

Jajaran Pemasyarakatan Sumbar juga turut berpartisipasi menyukseskan Program Pemerintah dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19, dengan rincian sebagai berikut. Presentase Petugas yang sudah divaksin yaitu 88.81%. Presentase Warga Binaan Pemasyarakatan yang sudah divaksin yaitu 76.34%.

Memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 berupa New Normal Kit dan bantuan sembako dengan Total Dana Rp.338.256.000,- , yang dibelanjakan dalam bentuk paket sebanyak 1.241 paket, Partisipasi UPT Pemasyarakatan dalam membantu program Serbu Vaksin yang dilaksanakan oleh TNI, Polri, Kejaksaan dan Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten.

Sinergi dengan mitra dan stakeholder terkait juga telah dilakukan oleh jajaran Pemasyarakatan Sumatera Barat, salah satunya adalah partisipasi dalam mensukseskan Program TNI Membangun Desa Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, yang melibatkan Lapas dan Rutan, dilakukan oleh 21 orang petugas dan 39 orang WBP dari Lapas Solok.

Selain itu, sinergi juga ditunjukkan dengan partisipasi Klien Pemasyarakatan dalam mengikuti Program Diklat Bela Negara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Padang, sebanyak 11 orang dari Bapas Padang.

Terakhir, penghargaan yang menjadi kebanggaan seluruh Insan Pengayoman Kemenkumham Sumatera Barat, adalah Penganugerahan WBK untuk Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat dari Kementerian PAN RB yang diumumkan pada 20 Desember silam.

Kakanwil menyampaikan ucapan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran pemasyarakatan dan dukungan seluruh komponen mitra Kemenkumham Sumatera Barat dalam menyukseskan program-program pemasyarakatan di Sumatera Barat selama tahun 2021.

“Selamat atas prestasi yang telah kita torehkan atas perjuangan dan kerja keras bersama, mari sambut 2022 dengan capaian dan prestasi yang lebih membanggakan. Semoga Allah Yang Maha Kuasa meridai setiap langkah kita,” ujarnya. (Humas Kemenkumham Sumbar)