NasionalOtomotif

Daniel Chang: sang Jack of All Trades dalam Dunia Bisnis

Avatar of Redaksi
×

Daniel Chang: sang Jack of All Trades dalam Dunia Bisnis

Sebarkan artikel ini
Daniel Chang: sang Jack of All Trades dalam Dunia Bisnis I PojokPublik
Daniel Chang

POJOKPUBLIK.ID – Membayangkan sosok ‘Jack of All Trades’ dalam dunia bisnis, nama Daniel Chang tentu tak bisa dilewatkan. Dalam dunia bisnis yang penuh dinamika, nama Daniel Chang mencuat sebagai tokoh yang mampu bermain di berbagai bidang dengan baik, layaknya seorang ‘Jack of All Trades’.

Daniel merupakan alumni SMA dari Sinarmas World Academy, sekolah berbasis Cambridge dan IB World School. Merasa tertarik untuk mendalami dunia finansial dan manajemen bisnis, Daniel melanjutkan pendidikannya di University of Western Australia selama setahun sebelum akhirnya meneruskan studi dan meraih gelar BA dengan predikat First Class Honours dari University of Hertfordshire.

Sejak usia muda, Daniel telah menunjukkan keahlian manajerial yang kuat sebagai pemasok batu sirtu dan brangkal di mana ia berhasil merencanakan proyek besar infrastruktur. Dalam perjalanannya, Daniel juga merintis UMKM yang membawahi tiga brand di teknologi edukasi dan F&B.

“Mengelola berbagai aspek seperti supply chain hingga customer experience adalah tantangan sekaligus peluang untuk belajar,” tutur Daniel.

Namun prestasinya tidak berhenti di situ. Ia juga telah memprakarsai bisnisnya sendiri, di bidang toko retail online.

“Membangun bisnis sendiri, apalagi di berbagai sektor adalah tantangan tersendiri. Tetapi ketika Anda melihat hasilnya, semua kerja keras tersebut terbayar lunas,” kata Daniel.

Ia juga telah menunjukkan bakatnya dalam menjual dan berhubungan dengan pelanggan sebagai broker penjualan di berbagai industri dari sektor komoditas sampai teknologi.

“Menjalin customer relations yang baik dan memahami kebutuhan dan kemauan mereka adalah kunci untuk penjualan dan negosiasi. Kunci utama sukses adalah kesiapan untuk belajar dan adaptasi,” kata Daniel.

Daniel juga memegang peran sebagai direktur manajemen di CV. Trimatra Internasional. Sebagai direktur manajemen CV. Trimatra Internasional, Ia mengawali inovasi dengan mengorganisir banyak acara, salah satunya “Monarch Art-omotive Fest 2023”, sebuah festival pertama di Indonesia yang menggabungkan kontes modifikasi mobil dan Vespa, pameran seni, bazar fashion, bazar kuliner, dan pameran UMKM.

Acara tersebut dapat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti di fiturkan di The Weekly Brief by Sandi Uno sampai upacara piala Honorable Award by Angela Tanoesoedibjo untuk pemenang kontes modifikasi mobil.

Inovasi dan kreativitasnya mampu menarik perhatian publik dan membuatnya mendapatkan dukungan WONDERFUL INDONESIA pertama untuk kontes modifikasi.

“Bisnis bukan hanya tentang penjualan, tapi juga tentang consumer journey. Kita ingin menjadi pionir dalam industri kreatif,” ungkapnya.

Daniel Chang, dengan segala pencapaiannya, benar-benar mempersonifikasikan istilah ‘Jack of

All Trades’. Ia menunjukkan bahwa keberhasilan sejati berasal dari kemauan untuk terus belajar, beradaptasi, dan berinovasi.

“Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Anda tidak pernah tahu apa yang dapat Anda capai sampai Anda mencobanya, ada istilah the Jack of All Trades is a master of none, but is always better than a master of one,” pesannya. (RED)