Tangerang

Agar Militan dan Punya Karakter, PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan LKD

Avatar of Redaksi
×

Agar Militan dan Punya Karakter, PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan LKD

Sebarkan artikel ini
Agar Militan dan Punya Karakter, PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan LKD I PojokPublik

Pojokpublik.id Tangerang – Pimpinan Cabang Fatayat NU Kota Tangerang menggelar Latihan Kader Dasar (LKD). Kaderisasi ini digelar untuk memantik militansi kader dan pengurus. Dari tingkatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) sampai Pimpinan Cabang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung MUI Kecamatan Ciledug selama dua hari, sedari Sabtu-Ahad (15-16/7/2023).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Kota Tangerang Menawati menyampaikan, kaderisasi ini digelar untuk memantik militansi kader. Peserta dibekali dengan berbagai materi ke-NU-an, gender, dan organisasi. Selain itu, peserta juga dibekali materi kepemimpinan dan spiritual dengan kegiatan mujahadah malam.

Semuanya, kata dia, materi narasumber sudah ditentukan oleh Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU.

“Peserta harus menginap dan mengikuti seluruh materi dan sesi yang telah ditentukan oleh PP Fatayat NU. Materi full dari pagi sampai malam dan narasumber pun semua sudah ditentukan oleh PP Fatayat,” tegas perempuan yang akrab di sapa Noni.

Noni berharap, setelah LKD, pengurus Fatayat NU Kota Tangerang semakin militan, berkarakter, dan mandiri. Sesuai dengan tema LKD yang diusung kali ini, yaitu ‘Menciptakan Kader Fatayat NU yang Militan, Berkarakter, dan Mandiri dalam bingkai Ahlussunnah wal Jama’ah An Nahdliyah’.

Noni menguraikan, Fatayat itu, ibarat bangunan yang harus kuat di semua lini. Harus kuat mulai pondasi sampai atapnya. Fatayat harus kuat dari mulai pimpinan rantingnya sampai pimpinan pusatnya. Untuk itu perlu adanya sinergi antara pengurus dari Pimpinan Ranting, PAC, PC, PW, hingga PP.

“Begitu juga dengan PC harus bisa bersinergi dengan Pimpinan Wilayah juga Pimpinan Pusat. LKD adalah salah satu sarana untuk memperkuat dan bersinergi antar pengurus disemua tingkatan,” ujar Noni.

Setiap sesi, kata Noni, ada absennya dan tidak boleh ada yang bolos. Kepada peserta, ia mengingatkan, kalau ada yang tidak ikut satu sesi bisa dinyatakan tidak lolos. Pada kaderisasi ini, semua peserta ditempa dengan sangat maksimal, baik dalam organisasi, kepemimpinan, organisasi dan spritual.

“Semua peserta di gembleng baik mentalnya maupun spiritualnya. Harus hadir semua jika ingin lolos dan mendapatkan sertifikat LKD.” ungkap Noni.

Perempuan jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga menyampaikan, bahwa LKD kali ini adalah awal dari beberapa rangkaian LKD yang diadakan. Rencananya, LKD akan diadakan dengan berbasis zona.

Sedari zona timur yang terdiri dari Larangan, Ciledug, dan Karang Tengah, dilanjut ke zona tengah, Cipondoh, Pinang, Batu Ceper, Benda dan Tangerang, kemudian zona barat Periuk, Neglasari, Cibodas, Karawaci dan Jatiuwung.

“Jadi kita serius dalam melakukan pengkaderan di Fatayat,” tandas Noni.

Sementara itu, Ketua Panitia LKD Frida Amaryllis, menuturkan peserta LKD kali ini berjumlah sekitar 30 peserta yang berasal dari zona timur, yaitu Larangan, Karangtengah, dan Ciledug.

“Mereka berasal dari kader yang baru gabung fatayat dan pengurus yang belum pernah ikut LKD,” ungkapnya.

Hadir dalam acara ini antara lain Pembina PC Fatayat NU Kota Tangerang Dewi Rochmawati, Ketua Lembaga Percepatan Pengkaderan Dr. Alimul Muniroh, Fasilitator PP Fatayat NU Nur Khosi’ah. Selain itu hadir pula Camat Ciledug Marwan, Lurah Paninggilan Agus Lesmana dan beberapa lurah yang berada di Kecamatan Ciledug.