Nasional

FKDB Resmikan Pabrik Tempe Azaki Penuhi Kebutuhan Tempe Higienis dan Bergizi di Kota Pariwisata Yogyakarta

Avatar of Redaksi
×

FKDB Resmikan Pabrik Tempe Azaki Penuhi Kebutuhan Tempe Higienis dan Bergizi di Kota Pariwisata Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
FKDB Resmikan Pabrik Tempe Azaki Penuhi Kebutuhan Tempe Higienis dan Bergizi di Kota Pariwisata Yogyakarta

Pojokpublik.co Yogyakarta – Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) kini meresmikan pabrik tempe baru, Tempe Azaki, yang berlokasi di Jl. Randu RT 005 RW 006 Mejing Wetan, Kelurahan Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Pendirian pabrik tempe ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tempe higienis dan bergizi tinggi di kota Pariwisata Yogyakarta.

Pabrik yang dikelola oleh anggota DPD FKDB Provinsi Jawa Tengah, M. Al Furqon, merupakan pabrik tempe ke 74 yang didirikan oleh FKDB. Saat ini pabrik tersebut telah memulai produksi perdananya hari ini dengan total produksi sebesar 20 kg kedelai. Hal ini menandai awal dari komitmen FKDB untuk menyediakan tempe berkualitas bagi masyarakat Yogyakarta,” Yogyakarta, 23 Juni 2024.

Ditempat terpisah Pendiri FKDB, H. Ayep Zaki menyatakan, “Pendirian pabrik Tempe Azaki merupakan langkah strategis dalam mendukung ketahanan pangan lokal serta mempromosikan makanan tradisional Indonesia yang kaya akan nilai gizi. Saya berharap, dengan adanya pabrik ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses tempe higienis yang diproduksi dengan standar kualitas tinggi.” Ucap Ayep

Lokasi pabrik yang berada di Mejing Wetan, Kecamatan Gamping, dipilih karena aksesibilitasnya yang baik serta dukungan komunitas lokal yang antusias terhadap pengembangan industri pangan sehat. Tempe Azaki diharapkan dapat menjadi produk unggulan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga dapat diperkenalkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Dalam proses produksinya, pabrik Tempe Azaki menerapkan standar kebersihan dan pengolahan yang ketat, memastikan setiap produk yang dihasilkan memenuhi kriteria higienis dan bergizi. Dengan menggunakan kedelai pilihan, Tempe Azaki diolah melalui proses fermentasi yang optimal, menghasilkan tempe dengan tekstur dan rasa yang autentik.

Inisiatif FKDB ini sejalan dengan visi organisasi untuk memberdayakan masyarakat desa melalui usaha-usaha produktif dan inovatif. Tempe Azaki diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dengan dimulainya produksi pabrik Tempe Azaki, FKDB menegaskan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam sektor pangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Ke depan, FKDB berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas distribusi Tempe Azaki ke berbagai wilayah di Indonesia.

“Pabrik Tempe Azaki bukan hanya simbol kemajuan industri pangan lokal, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara komunitas, pemerintah, dan organisasi seperti FKDB dapat menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat luas” tutup Ayep Zaki