Daerah

Kapolda Banten Gelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

Avatar of Redaksi
×

Kapolda Banten Gelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Kapolda Banten Gelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 I PojokPublik
Keterangan foto : Polda Banten menggelar kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang bertempat di Aula Sebaguna Polda Bantan pada Selasa (05/09).

Pojokpublik.id Serang – Polda Banten menggelar kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang bertempat di Aula Sebaguna Polda Bantan pada Selasa (05/09).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif beserta Pejabat Utama Polda Banten.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Provinsi Banten Wahyul Furqon, Pj Gunernur Banten Al Muktabar yang diwakili oleh staff ahli Gubernur Banten M. Tranggono, unsur Forkopimda Provinsi Banten, perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, 18 Partai Politik dan Ormas Provinsi Banten serta seluruh Kapolres dan Kapolresta jajaran.

Dalam arahannya, Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto mengatakan untuk mewujudkan Pemilu yang sejuk, damai dan aman memerlukan sinergitas dan partisipasi aktif dari seluruh elemen bangsa baik dari pemerintah, TNI, Kepolisian, Penyelenggara, dan peserta Pemilu serta elemen masyarakat Toga, Tomas, dan Ormas. “Momen deklarasi damai Pemilu 2024 adalah langkah awal kita menyatukan presepsi tentang proses pelaksanaan Pemilu yang akan jadi tanggung jawab kita bersama dalam mengawal dan mengamankan penyelenggaraan pemilu 2024,” kata Rudy.

Kemudian Rudy menyampaikan Pemilu 2024 merupakan pesta Demokrasi terbesar dan dilaksanakan serentak dalam tahun yang sama. “Kita yakin dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya, kita memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi Pemilu 2024. Namun demikian kita juga tidak boleh underestimate karna Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar dan dilaksanakan serentak dalam tahun yang sama sehingga kesiapan perencanaan dan pengorganisasian dalam semua tahapan Pemilu harus menjadi atensi kita bersama,” tutur Kapolda Banten.

Pesta demkokrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, penyelenggara serta peserta Pemilu saja, akan tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut berperan aktif ambil bagian demi suksesnya penyelenggalraan Pemilu, baik organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, dan elemen nonformal lainnya harus punya andil sesuai dengan porsinya. “Saya selaku Kapolda Banten sesuai Undang-Undang bertugas mengamankan seluruh tahapan Pemilu ini, dengan keterbatasan jumlah personel dan sarana prasarana yang tersedia kami membutuhkan dukungan semua pihak dalam melaksanakan tugas ini. Yakinlah dengan sinergitas yang kita bangun bersama akan menghasilkan proses demokrasi yang jujur dan adil sehingga cita-cita bangsa ini bisa segera kita wujudkan,” ujar Kapolda Banten.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto mengatakan maksud dan tujuan dari kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024. “Tujuan dilaksanakanya kegiatan ini agar Pemilu di tahun 2024 ini berjalan sejuk aman dan damai dan dapat berjalan sesuai harapan kita bersama, saya harap masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaanya,” tutup Didik. (Bidhumas)