Kejati Banten Lakukan Penyelidikan Beberapa Dugaan Kasus Korupsi Di Tangsel

POJOKPUBLIK.ID – Kejaksaan Tinggi atau Kejati Banten lakukan penyelidikan terhadap dugaan Tindak Pidana Korupsi, penyimpangan oleh oknum Pokja lelang tender terhadap paket tender pembangunan gedung Puskesmas tahap dua Kota Tangerang Selatan.

Selain biru juga ada penyelidikan dilakukan pada paket pembangunan gedung Depo Arsip pada Dinas Pembangunan dan Penataan Ruang Kota Tangerang Selatan

Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan bahwa di penyelidikan Kejati Banten telah melakukan melakukan permintaan keterangan terhadap beberapa orang yang meliputi dari Pokja 1 dan Pokja 2 lelang barang dan jasa kota tangsel.

“Penguna anggaran dan dan PPK pada bidang pada dinas bangunan dan penataan ruang Kota Tangerang Selatan serta pihak rekanan dan penyedia. Tim penyidik telah mengumpulkan sebanyak 11 data dokumen atau bukti,” jelansya kepada awak media pekan lalu di Kejati Banten, Jumat 18 Maret 2022.

Modus operandi berawal pada tahun 2021 atas pelaksanaan pelelangan paket kegiatan peningkatan pembangunan gedung Puskesmas tahap 2 Kota Tangerang Selatan pagu anggaran sebesar 5 miliar lebih. Sementara itu pake anggaran Pembangunan Gedung Depo Arsip sebesar 388 juta lebih.

“Tim penyelidik hasil dari pengumpulan bahan keterangan telah ditemukan adanya peristiwa pidana yang mengarah kepada tindak pidana korupsi,” paparnya

Peran dari timpokja 1 dan 2, kata Kajati menegaskan pada lelang tender di badan layanan pengadaan kota Tangerang Selatan, sengaja meluluskan jasa kontruksi yang tidak memenuhi syarat.

“Hal tersebut diduga adanya faktor saling mengetahui langsung maupun tidak langsung dan melanggar prinsip pada jasa lelang pemerintah, dan adanya persaingan tidak sehat,” tuturnya.

Hasil penyelidikan gelar perkara oleh tim penyidik bersama Kepala Kejati Banten didapat hasil bahwa kasus ini ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Hari ini pada 18 Maret 2022 saya telah mengeluarkan dua surat perintah penyelidikan untuk perkara ini,” pungkasnya

(Angga/Red)

You might also like