Jawa Barat

Kiai Manarul Hidayat Ingatkan Menjaga Iman, Pondasi Utama dalam Keberkahan

Avatar of Redaksi
×

Kiai Manarul Hidayat Ingatkan Menjaga Iman, Pondasi Utama dalam Keberkahan

Sebarkan artikel ini
Kiai Manarul Hidayat Ingatkan Menjaga Iman, Pondasi Utama dalam Keberkahan I PojokPublik

Pojokpublik.id Cirebon – Ulama karismatik asli Cirebon, KH Manarul Hidayat dengan tegas mengingatkan, bahwa kunci mendapatkan keberkahan hidup adalah dengan memperkuat Iman kepada Allah SWT dan memberikan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ia menyampaikan, iman merupakan fondasi utama yang harus dikuatkan karena prinsip dasar dalam mencapai keberkahan hidup.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

“Iman kepada Allah harus selalu dikuatkan karena ini adalah fondasi utama dalam mencapai keberkahan hidup,” ungkap KH Manarul, pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasakuran Hari Lahir Desa Sedong Lor Ke-189 di Sedong, Kabupaten Cirebon pada Senin, 2 Oktober 2023.

Kiai Manarul juga menyoroti pentingnya menjaga dan mempertahankan Iman kepada Allah, terutama dalam era modern yang sering kali melupakan aspek spiritual dalam kehidupan sehari-hari karena pengaruh teknologi. Oleh karena itu, menjaga iman merupakan hal yang sangat penting, daripada hanya mengejar materi kekayaan semata.

“Zaman sekarang karena pengaruh teknologi, banyak yang suka lupa akan nilai-nilai spiritual dan kematian. Namun, kita harus selalu ingat akan pentingnya menjaga Iman daripada hanya mengejar kekayaan materi,” jelas Kiai yang juga mengasuh Pesantren Al-Mannar Azhari, Pesawahan, Cirebon.

Dalam konteks kecintaan kepada Nabi Muhammad, Kiai Manarul mengutip, bershalawat kepada Rasulullah satu kali saja, makan Allah SWT akan bershalawat kepada si pembaca selama 10 kali. Dan jika bershalawat 10 kali, maka Allah SWT akan bershalawat kepada si pembaca 1000 kali dan seterusnya kelipatan itu bertambah.

“Jika kita bersholawat kepada Rasulullah satu kali maka Allah akan bershalawat kepada kita 10 kali, dan jika kita bersholawat 10 kali maka Allah akan bersholawat kepada kita 1000 kali,” Terang Kiai yang bersahabat dengan Gus Dur dan salah satu kiai orator di lingkungan NU.

Kiai Manarul menekankan pentingnya berkumpul dalam acara Maulid seperti ini dan ia menyebutnya sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan pahala yang luar biasa di mata Allah. Dalam kutipan langsung, ia menyampaikan ketika seseorang keluar rumah untuk datang ke pengajian. Pahalanya akan dihitung sejak ia keluar rumah, sampai kembali ke rumah.

“Kumpulan seperti ini pahalanya sangat luar biasa di sisi Allah, ketika keluar dari rumah untuk datang ke pengajian maka pahalanya dihitung pada saat keluar dari rumah,” pungkasnya.

Diketahui, acara Maulid dan Tasyakuran Hari Lahir Desa Sedong Lor dihadiri oleh semua perangkat desa dan masyarakat Desa Sedong Lor. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh anak KH Manarul Hidayat, dr. Muhamad Makky Zamzami, yang dalam kesempatan pemilu tahun 2024 menjadi calon legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Jabar 8 (Kota Cirebon-Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).