Hukum & Kriminal

Komisi III DPR RI dan Budayawan Apresiasi KPolda Lampung Tekan Kejahatan

Avatar of Redaksi
×

Komisi III DPR RI dan Budayawan Apresiasi KPolda Lampung Tekan Kejahatan

Sebarkan artikel ini
Komisi III DPR RI dan Budayawan Apresiasi KPolda Lampung Tekan Kejahatan I PojokPublik
Keterangan foto ; Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari saat Kunjungan Kerja Reses Komisi III ke Provinsi Lampung, Senin (29/4/2024).

Pojokpublik.id LAMPUNG – Komisi III DPR RI mengapresiasi Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika beserta seluruh jajarannya yang dinilai berhasil mencegah dan menekan tindak kejahatan di wilayah hukumnya.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Apresiasi itu disampaikan Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari saat Kunjungan Kerja Reses Komisi III ke Provinsi Lampung, Senin (29/4/2024).

Menurut Taufik Basari, Polda Lampung telah mampu menekan hingga menurunkan angka kejahatan di tengah-tengah masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami mendapatkan laporan upaya Polda Lampung terkait menanggulangi kejahatan dengan melakukan pencegahan-pencegahan, kita juga apresiasi karena berhasil menurunkan tingkat kejahatan di Lampung,” ujar nya.

Taufik Basari menyampaikan, terjaganya kondisi kamtibmas di Provinsi Lampung tak luput dari kerja keras serta keberhasilan Polda Lampung dan seluruh jajarannya.

“Mudah-mudahan ini buah dari upaya-upaya pencegahan yang dilakukan oleh Polda Lampung,” ungkap politikus dari Partai Nasdem ini.

Taufik Basari menambahkan, pihaknya turut memberikan masukan kepada Polda Lampung terkait dengan tindak kejahatan seksual, yakni tidak hanya mengedepankan penindakan tetapi juga pencegahan.
Upaya pencegahan ini dapat digiatkan pihak kepolisian daerah dengan menggandeng sejumlah stakeholder terkait.

“Lampung merupakan salah satu daerah yang menjadi perhatian nasional terkait dengan tingginya angka kekerasan seksual,” ujarnya.

Apresiasi Budayawan
Hal senada disampaikan budayawan Kidung Tirto Suryo Kusumo. Dia menilai Polda Lampung di bawah kepemimpinan Irjen Helmy Santika telah menunjukkan kinerja yang sangat memuaskan, termasuk dalam menjaga kamtibmas.

“Tantangan di Lampung cukup berat karena menjadi pintu masuk dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya. Potensi tindak kejahatan cukup tinggi, mulai dari aksi kriminalitas jalanan, tipikor, hingga penyelundupan narkoba,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (30/4/2024).

Menurut Kidung Tirto, Kapolda Lampung tegak lurus menjalankan program PRESISI sesuai dengan instruksi Kapolda Jeneral Pol Listyo Sigit Prabowo.

Beberapa prestasi Polda Lampung yang dinilai menonjol, antara lain berhasil membongkar jaringan narkoba internasional Freddy Pratama hingga sukses mengamankan arus mudik dan balik Lebaran dalam 2 tahun terakhir.

Kidung Tirto mengingatkan kepada Kapolda Lampung agar tetap konsisten dalam pengabdiannya kepada masyarakat, serta menjalin sinergi yang lebih kuat dengan pemangku kepentingan terkait.

“Melalui kerja sama yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan, kepercayaan masyarakat kepada Polri diharapkan semakin tinggi sehingga kamtibmas kondusif sehingga pembangunan berjalan dengan baik pula,” ungkap spiritualis asal Gunung Lawu ini.