Pendidikan

Kuliah Gratis Tanpa Biaya yang Belum Diketahui Banyak Orang

Avatar of Redaksi
×

Kuliah Gratis Tanpa Biaya yang Belum Diketahui Banyak Orang

Sebarkan artikel ini
Kuliah Gratis Tanpa Biaya yang Belum Diketahui Banyak Orang I PojokPublik

 

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

 

Pojokpublik.id, Kabupaten Tangerang – Minggu 14 Januari 2024, Kuliah merupakan salah satu impian bagi sebagian besar orang, terutama bagi  yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Namun, biaya kuliah yang tinggi seringkali menjadi hambatan bagi  yang ingin mewujudkan impian nya.

Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis perguruan tinggi yang menawarkan kuliah gratis tanpa biaya? Jenis perguruan tinggi tersebut adalah sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan adalah kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Lulusan sekolah kedinasan akan langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah lulus.

Baca Juga:

https://pojokpublik.id/bimbel-eenos-tempat-favorit-bimbel-persiapan-test-masuk-kedinasan-di-tangerang/

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan masuk ke sekolah kedinasan, di antaranya:

1. Gratis. Biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah ditanggung oleh pemerintah.
2. Jaminan kerja. Lulusan sekolah kedinasan akan langsung diangkat menjadi PNS.
3. Mendapatkan softskill dan hardskill. Sekolah kedinasan memberikan pendidikan yang seimbang antara softskill dan hardskill, sehingga lulusannya siap bekerja di bidang yang mereka tekuni.
4. Memiliki relasi yang luas. Sekolah kedinasan bermitra dengan berbagai lembaga pemerintahan, sehingga lulusannya memiliki kesempatan untuk membangun relasi yang luas.
5. Bekerja sesuai dengan bidang. Sekolah kedinasan menawarkan program studi yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pemerintahan, sehingga lulusannya dapat bekerja sesuai dengan bidang yang mereka tekuni.
6. Dinaungi oleh lembaga negara. Sekolah kedinasan dinaungi oleh lembaga negara, sehingga lulusannya memiliki status yang jelas.
7. Dapat uang saku setiap bulannya. Beberapa sekolah kedinasan memberikan fasilitas tambahan berupa uang saku, tempat tinggal, bahkan sampai kebutuhan makan setiap harinya.
Meskipun menawarkan banyak keuntungan, sekolah kedinasan juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

1. Warga Negara Indonesia
2. Lulus SMA/SMK/MA sederajat
3. Memiliki nilai rata-rata rapor minimal 7,00
4. Lulus tes kesehatan dan pemeriksaan psikologi
5. Lulus seleksi akademik dan non-akademik.

Baca Juga:

https://pojokpublik.id/silahturahmi-hangat-satgas-banten-kesti-ttkkdh-dengan-praktisi-hukum-dan-aktivis-pendidikan/

Proses seleksi masuk sekolah kedinasan biasanya dilakukan secara nasional. Untuk informasi lebih lanjut tentang sekolah kedinasan, Anda bisa mengunjungi situs web resmi masing-masing sekolah kedinasan. Bagi Anda yang sedang mencari alternatif kuliah gratis tanpa biaya, sekolah kedinasan bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Sumber : Oim

(Irsyad)