Kumpulan OKP dan Komunitas Tergabung Dalam Kolabor Aksi Pemuda Gotong Royong Bangkitkan Pasar Gembrong

Jakarta – Lintas Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) lintas Provinsi dan Nasional melakukan aksi gotong royong pada 30 April 2022, untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran Pasar Gembrong.

OKP yang tergabung dalam kegiatan PasarGembrongBangkit diantaranya adalah DPD KNPI DKI Jakarta, BKN FOKUSMAKER, SAPMA PP DKI Jakarta, DPP GM FKPPI, AMPG DKI Jakarta, KBM DKI, LMN Jakpus dan Jaktim, AMPI, GPK PP, Alkantara Prakarsa Group, Centennialz, Serta Melompat Maju.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini turut hadir Ronny Bara Pratama selaku Ketua DPD KNPI DKI Jakarta, Azka Aufary Ramli selaku Sekjen BKN Fokusmaker dan perwakilan DPP AMPI, Aroem Alzier, dr. Michael Rampangilei Ketua Komunitas Banteng Muda DPD DKI Jakarta, Muhammad Ahmad Balbaid selaku Wakil Ketua AMPG DKI Jakarta, Muhammad Hanif Adriansyah Sekjen Pemuda Bela Negara, Muhammad Wahyu Yusran selaku Founder Melompat Maju, Nadia Syifa Widjaksono selaku Wakil Ketua Perempuan dan anak Gerakan Pemuda ka’bah, Danick Danoko selaku Ketua Liga Mahasiswa Nasdem Jakarta Pusat, serta Vinto Krisber selaku Co-Founder CentennialZ.Sebelumnya, Kebakaran terjadi di Pasar Gembrong, Jl Basuki Rahmat RW 01 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Senin (25/4) dini hari.

Kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jatinegara, Jaktim, menghanguskan 400 bangunan rumah serta pertokoan. Sebanyak 1.500 warga dari 450 KK harus mengungsi akibat musibah ini. Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan bahwa angka korban merupakan estimasi hasil koordinasi dengan Ketua RT dan RW setempat.

Jajarannya telah mendirikan tenda pengungsian untuk menampung warga yang terdampak kebakaran.Kejadian nahas yang terjadi pada saat Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, sontak meninggalkan rasa pilu dan prihatin bagi para korban kebakaran.

Sehingga para pemuda lintas OKP dan komunitas membuat gerakan dan ikut terjung langsung bersatu dalam Kolabor Aksi Pemuda untuk gotong royong bangkitkan Pasar Gembrong.

Lintas OKP tingkat Provinsi dan Nasional serta Komunitas sebelumnya berkumpul bersama di Sekretarian DPP KNPI DKI Jakarta, melakukan doa bersama dan berangkat menuju titik lokasi posko pengungsian.

Padatnya kegiatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, tidak menyulutkan semangat mereka untuk mengalokasikan bantuan kepada para korban melalui posko yang dibangun oleh DPD KNPI DKI Jakarta.

Setibanya di posko pengungsian korban kebakaran, perwakilan OKP dan Komunitas diterima oleh Ketua RT setempat untuk memberikan bantuan secara langsung dan tepat sasaran.

Kegiatan kolaborasi ini setidaknya menyumbangkan ratusan paket sembako, alat tidur, baju layak pakai, peralatan mandi, air bersih, dan santunan untuk meringankan para korban.

Tidak sampai disitu, kegiatan sosial yang diisi oleh mayoritas anak muda ini juga berdialog langsung dengan para warga untuk memberikan semangat dan membagi rasa empati terhadap sesama.

Masyarakat juga sangat antusias dan menyambut hangat kedatangan anak-anak muda dari berbagai latar belakang organisasi. Kebakaran yang menyisahkan kerugian hingga milyaran rupiah ini, tentu saja memberikan duka mendalam bagi para korban.

Sehingga, denagn adanya aksi gotong royong melalui pemberian bantuanharapannya bisa meringakan beban para korban untuk kembali bangkit dan bisa perlahan beraktivitas normal.

“Dengan adanya kegiatan ini menjadi sebuah wujud nyata bagaimana kepedulian masyarakat terkhusus anak muda masih sangat kental.

Walupun berbeda warna, namun semangat persatuan dan kebersamaan adalah hal utama yang menjadi ciri khas pemuda. Mereka berharap dengan adanya kegiatan ini juga menjadi sebuah titik awal KolaborAksiPemuda Indonesia untuk terus peduli terhadapa sesama dan berkolaborasi dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Gerakan KolaborAksiPemuda merupakan sebuah virus positif yang harus terus disebarluaskan kepada setiap lapisan pemuda, layaknya sebuah mesin jahit yang menyatukan setiap perbedaan untuk persatuan pemuda Indonesia.

You might also like