LSM Panri Temukan Proyek Siluman Dipandeglang

POJOKPUBLIK.ID – Proyek tidak bertuan karena tanpa Plang Nama Proyek ditemukan di Jalan Jaha Kampung Bojong Tundun, Desa Kadu Dodol, Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang-Banten.

“Proyek Betonisasi (Cor Beton) tersebut jelas menggunakan anggaran negara, namun tidak diketahui jelas berapa nilainya dan dikerjakan oleh siapa dan anggaran bersumber dari mana.

Proyek Rabat Beton yang sudah selesai dibangun, mengaku dirinya tak tahu soal proyek tersebut dan tidak tahu siapa kontraktornya, dan berapa anggarannya. “Sepertinya ini proyek siluman Salah satu Warga Kampung Jaha mengatakan kepada wartawan pada Senin (9/04/2022)di lokasi.

Baca juga : Bersembunyi 13 Tahun, Terpidana Korupsi PT Sinar Kakap Ditangkap Tim Kejati Kalbar

Menurut Sekjen DPP Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Aset Negara Republik Indonesia (PANRI), Johan Jaenudin mengatakan agar lebih transparan terkait proyek tersebut seharusnya dipasang plang nama papan proyek, karena merupakan kewajiban sesuai dengan Kepres No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Pihak pelaksana diwajibkan untuk memasang plang papan nama proyek, sehingga masyarakat mudah melakukan pengawasan terhadap proyek yang sedang dikerjakan. Kemudian, proyek yang tidak menggunakan plang papan nama proyek patut dicurigai dan diduga bermasalah,” tuturnya.

Dijelaskan, tidak adanya plang nama proyek membuat masyarakat sulit untuk mengawasi pekerjaan yang tujuannya sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan uang negara agar tidak salah dipergunakan.

Sampai berita ini di turunkan pihak terkait belum memberikan keterangan. (Dd)

You might also like