Mahasiswa UIN Ciputat Sampaikan Pandangan Atas Isu Politik Nasional Lewat Mobil Ide Rakyat

JAKARTA – Antusias ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dalam menyampaikan pendapatnya terkait Pemilu 2024 terlihat saat memadati Mobil Ide Rakyat.

Mobil Ide Rakyat mengunjungi kampus di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan pada Rabu 22 November 2023.

Para mahasiswa UIN memadati Mobil Ide Rakyat untuk memberikan aspirasinya terkait pemilu 2024.

Ratusan mahasiswa terlihat sabar antri untuk memberikan pendapatnya atas isu-isu terkini dengan mengisi sejumlah pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban.

Ada berbagai pertanyaan yang diajukan, mulai dari politik dinasti, hak angket, money politics, kriteria presiden pilihan hingga siapa calon presiden yang pro anak muda.

“Antusiasme mahasiswa UIN Syarif HIdayatullah dalam memberikan pandangannya terkait isu-isu politik benar-benar luar biasa. Dan semua pertanyaan yang kami ajukan sama sekali tidak terkait dengan pilihan pada pilpres mendatang,” kata penanggung jawab Mobil Ide Rakyat Rifqi Islami.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kecenderungan jawaban yang dipilih oleh mahasiswa dan mahasiswi secara real time akan terlihat pada monitor di mobil yang menampilkan mentimeter jawaban tersebut.

Mobil Ide Rakyat merupakan program lembaga survei KedaiKopi yang bertujuan mengetahui respon masyarakat, khususnya generasi muda atas isu-isu nasional yang tengah hangat diperbincangkan dan seputar pemilu 2024.

Mobil ini telah berkunjung ke sejumlah tempat, seperti Pasar Baru Jakarta, Jl Braga Bandung, Universitas Singaperbangsa Karawang dan UIN Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan.

Rifqi mengatakan Mobil Ide Rakyat masih akan berkunjung ke lokasi lainnya untuk mengetahui preferensi masyarakat atas isu-isu politik.

Secara terpisah, saat ditanya pendapatnya mengenai Mobil Ide Rakyat, analis komunikasi politik Hendri Satrio mengatakan metode mendatangi masyarakat untuk mengetahui pendapatnya atas isu-isu politik dinilainya lebih efektif.

“Menurut saya ini termasuk ide segar untuk tahu aspirasi masyarakat. Dengan begitu dapat mengetahui pandangan rakyat terhadap pemilu 2024 dan harapannya pada capres-cawapres,” tutupnya. *

You might also like