Nasional

Mantap, Anggota DPR RI Sosialisasikan Empat Pilar di Jakarta Utara

Avatar of Redaksi
×

Mantap, Anggota DPR RI Sosialisasikan Empat Pilar di Jakarta Utara

Sebarkan artikel ini
Mantap, Anggota DPR RI Sosialisasikan Empat Pilar di Jakarta Utara I PojokPublik
Keterangan foto : Anggota Komisi III DPR RI Santoso sosialisasikan Empat pilar kebangsaan MPR dan DPR RI d Kelurahan Kalibaru, Kecamatan, Koja Jakarta Utara, Rabu (31/5/2023)

Pojokpublik.id Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Santoso sosialisasikan Empat pilar kebangsaan MPR dan DPR RI d Kelurahan Kalibaru, Kecamatan, Koja Jakarta Utara. Kegiatan sosialisasi empat pilar ini sangat diapresiasi oleh warga Jakarta Utara.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

“Kita memiliki empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat pilar kebangsaan ini sebagai tiang penyangga bangsa kita supaya rumah yang bernama Indonesia tetap tegak berdiri,” kata Santoso saat sosialiasi, jumat (28/4/2023)lalu.

Santoso menjelaskan tentang pentingnya empat pilar kebangsaan karena dinilai sebagai perekat dan pemersatu elemen bangsa di tengah maraknya budaya barat yang merongrong kedaulatan NKRI.

Dia mengemukakan tentang inti dari setiap pilar kebangsaan.

“Isi dari empat pilar kebangsaan adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara kita. Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara kita, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya menegaskan.

Santoso mengambil contoh konkret masyarakat yang hidup di tengah kehidupan bermasyarakat lebih berdaulat serta sebagai implementasi praktis tatanan hidup melalui penerapan empat pilar kebangsaan ini.

“Empat pilar menjadi perekat kita sehingga semua bisa hidup berdampingan, meskipun ada suku, ras, adat, istiadat, dan budaya yang menjadi nuansa kedaerahan kita, tentunya masih sangat kental,” lanjutnya.

Santoso menuturkan sebagai manusia tidak ada yang bisa terlepas dari aturan karena empat pilar kebangsaan ini merupakan pedoman dalam membuat aturan, termasuk apa yang dijalani dalam keseharian berjalan aman dan damai.

“Kita semua ini di bawah naungan negara yang harus kita jaga bersama. Tidak boleh mendirikan negara di atas negara. Kemudian, ada Bhinneka Tunggal Ika sebagai simbol negara karena dari sekian puluh ribu suku, pedoman kita adalah tetap Pancasila,” tutup Santoso.

Di tempat yang bersamaan, salah seorang Warga RT 06 RW 04 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Ucok (40) tahun menyambut baik sosialiasi empat pilar yang dilakukan oleh Anggota DPR RI dari partai Demokrat. Kata Ucok, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan positif.

“Saya mendukung sosialiasi empat pilar kebangsaan yang dilakukan oleh anggota DPR RI dari partai Demokrat. Kegiatan ini sangat positif untuk pengetahuan warga dalam memahami nilai-nilai pancasila,” tutup Ucok menjelaskan.