Example floating
Example floating
Nasional

Mata Tunas 17 Gelar Latihan Gabungan Pramuka Penegak

Avatar of Redaksi
×

Mata Tunas 17 Gelar Latihan Gabungan Pramuka Penegak

Sebarkan artikel ini
Mata Tunas 17 Gelar Latihan Gabungan Pramuka Penegak I PojokPublik
Peserta dan pelatih Latihan Gabungan Pramuka Penegak

POJOKPUBLIK.ID – Mata Tunas 17 menggelar kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) Pramuka tingkat penegak. Hal ini dilaksanakan untuk memeriahkan upacara hari Gerakan Pramuka yang ke-68 yang di peringati setiap tanggal 14 Agustus.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kegiatan tersebut berlangsung di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Ketua pelaksana Ridho Nur MS mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan untuk memeriahkan hari Gerakan Pramuka ke-68 dan juga tentunya untuk melatih skil kemampuan Pramuka penegak.

“Kegiatan ini sangat penting karena bukan hanya melatih skill namun juga untuk mengikat tali silahturahmi antar anggota Pramuka Penegak,” jelasnya.

Latgab kali ini diikuti oleh 73 peserta yang berasal dari 8 sekolah diantaranya, SMAN 38 Jakarta, SMAN 34 Jakarta, SMKN 22 Jakarta, SMKN 25 Jakarta, SMK PGRI 23 Jakarta, SMK Pembangunan Jaya Jakarta, SMK Bakti Jaya Kota Depok dan SMA Darut Tauhid Indonesia (DTI) Bekasi.

“Kami berharap ke depan peserta dapat membantu kegiatan di Gugus Depan atau saat Pramuka rutin digelar,”kata Rizky salah satu pemateri yang hadir saat itu..

Didalam kegiatan latihan gabungan tersebut peserta diberikan pelatihan seperti Publik speaking, Ice breaking, latihan dasar menulis dan Kompas. Kegiatan ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya sedikitpun. Namun demikian untuk segala akomodasi ditanggung oleh masing-masing peserta.

“Anggota Pramuka Penegak harus dilatih berbicara dari sekarang, agar berani berbicara didepan umum, mengingat ke depan mereka adalah generasi yang akan memimpin negara ini,” kata Aprizal Kusriyanto saat memberi materi publik speaking.

Kegiatan berlangsung hanya sehari, dibuka pada jam 08.00 WIB. Terlihat peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri dan keberanian anggota saat maju ke depan memberikan simulasi.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena dapat menambah ilmu baru dan teman baru,” kata Fifi Eva Sukmasari, salah satu peserta dari SMAN 38 saat mendapat kesempatan berbicara didepan peserta lain.

Selain kegiatan pelatihan, untuk lebih mengakrabkan satu sama lain, peserta menikmati rujak bersama yang dibawa oleh peserta itu sendiri. Selanjutnya peserta berjalan-jalan untuk sekedar melihat – lihat beberapa satwa atau berkeliling dengan sepeda yang disewa dari pengelola Kebun Binatang Ragunan.

“Kegiatannya seru dan bagus. Yang pasti dapat memberi anak-anak ilmu yang bermanfaat,” kata Fadhil, salah satu peserta dari SMK PGRI 23 Jakarta.

Setelah rangkaian acara dilaksanakan dengan baik, kegiatan latihan gabungan yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin ini ditutup pada pukul 16.00 Wib. Sebelumnya peserta mengumpulkan tulisan yang telah ditugaskan.

“Terimakasih untuk Mata Tunas 17 yang telah memberikan kegiatan yang bermanfaat untuk anak didik kami. Yang pasti kegiatannya seru dan bagus,” kak Marini, S.Pd salah satu guru SMKN 25 Jakarta yang mendampingi peserta sesaat setelah acara ditutup.

“Jika tidak ada kendala, kegiatan selanjutnya Mata Tunas 17 akan mengadakan Perkemahan Gabungan,” Kata Ridho Nur MS saat mengakhiri kegiatan. (Red)