Menambah Wawasan Pelajar, Mata Tunas 17 Gelar City Adventure

POJOKPUBLIK.ID, BOGOR – Mata Tunas 17 menggelar kegiatan city adventure (petualangan kota) yang diikuti oleh beberapa sekolah yakni SMPN 175 Jakarta, SMA Kartika VIII-1 dan SMK Harapan Massa Depok.

Kegiatan ini berlangsung dibeberapa tempat yakni, PT KAI, Alun-alun Kota Bogor, Museum PETA, dan Kebun Raya Bogor.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pelajar, menambah wawasan pengetahuan tentang perkeretaapian, tentang sejarah lahirnya TNI serta melatih kekompakan untuk pelajar dan mengajak untuk bersosialisasi antar teman sekolah lain.

Koordinator Pelaksana kegiatan Mata Tunas 17 Latansa Fajriati menjelaskan, kegiatan berlangsung mulai dari Stasiun Kereta Api yang dekat dengan sekolah. Tujuannya agar siswa lebih mengenal tranportasi KRL (Kereta Rel Listrik).

“Sampai di stasiun bogor peserta dikumpulkan di alun-alun untuk briefing serta persiapan pengambilan nilai Tanda Kecakapan Khusus (TKK),” ucapnya di Bogor, Sabtu (18/6/2022).

Selanjutnya, kegiatan berlanjut ke Museum PETA (Pembela Tanah Air). Disana peserta diajak untuk mengetahui cikal bakal lahirnya TNI, serta sembari mengenang jasa para perwira tentara PETA yang telah gugur mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia.

Terakhir, di Kebun Raya Bogor (KRB). Untuk menuju KRB peserta di ajak berjalan kaki dari Museum PETA tujuannya untuk pengambilan TKK penjelajahan dan mengajak siswa untuk mengamati lingkungan.

“Sampai di KRB siswa diajak untuk bermain dengan tujuan melatih kekompakan, cara memecahkan masalah, dan solidaritas. Setelah bermain di KRB peserta dilantik dengan mempertimbangkan penilaian selama kegiatan,” ucapnya.

Latansa juga mengatakan, panitia kegiatan ada sedikit kesulitan lantaran antusias peserta yang terlalu bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Latansa berpesan, kegiatan ini sangat bagus untuk mengedukasi para pelajar dan mengajak peserta untuk bersosialisasi dengan teman antar sekolah lain.

“Semoga kegiatan ini terus berjalan setiap waktu, karena kegiatannya sangat bagus,” ujarnya.

Dilain sisi, salah satu pelajar dari SMPN 175 Jakarta Anggun Mujianti Safitri memberikan apresiasi kepada pembina kegiatan Mata Tunas 17.

“Kegiatan ini sangat seru dan asik. Kakak pembina juga seru semua. Tempat terfavorit di KRB. Semuanya berkesan bagi aku karena semuanya asik,” ujarnya.

(NPT)

You might also like