DKI Jakarta

MENSUKSESKAN MUKTAMAR NU MELALUI PENGUATAN BUMDes

Avatar of Redaksi
×

MENSUKSESKAN MUKTAMAR NU MELALUI PENGUATAN BUMDes

Sebarkan artikel ini
MENSUKSESKAN MUKTAMAR NU MELALUI PENGUATAN BUMDes I PojokPublik

POKOKPUBLIK.ID JAKARTA – Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 di Lampung yang akan digelar pada 23 sampai 25 Desember 2021 merupakan momentum sangat penting dalam mensukseskan upaya penyelamatan kesejahteraan desa yang bermuara kepada kesejahteraan nasional melalui penguatan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam menghadapi krisis ekonomi global akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Menurut Revitriyoso Husodo, Ketua Umum ,Tujuan didirikannya NU dalam AD/ART NU menyatakan bahwa tujuan NU adalah mewujudkan tatanan masyarakat yang berkeadilan demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat dan demi terciptanya rahmat bagi alam semesta, maka dengan demikian sesuai dengan tujuan didirikannya Republik Indonesia untuk mensejahterakan warganya.

Selanjutnya, Pembentukan BUMDes merupakan upaya pemerintah dalam mensejahterakan ekonomi nasional berbasiskan ekonomi kerakyatan di pedesaan yang diatur dalam pasal 213 ayat (1) Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004.

Mengingat jumlah warga NU yang mencapai 108 juta jiwa, sebagian besar bermukim dan beraktifitas ekonominya di pedesaan maka sangat penting membangun strategi penguatan ekonomi pedesaan melalui ketegasan dalam memiliki program penguatan BUMDes, dimana perangkat ini dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung produksi pertanian, perikanan dan sektor ekonomi lainnya mendistribusikan produksi lokal untuk pasar yang lebih luas baik pasar nasional maupun internasional. Maka penguatan BUMDes penting menjadi agenda pembahasan dalam muktamar tersebut, sehinggu NU dapat meralisasikan tujuan pembentukannya sekaligus dapat menjadi agen strategis Negara dalam mensejahterakan warganya.

Untuk itu, GERAK(Gerakan Ekonomi Kerakyatan) berharap NU menjadikan penguatan BUMDes menjadi agenda penting pembahasan dalam Muktamar tersebut. Mengelaborasi ekonomi kerakyatan yang menjadi semangat BUMDes dengan memberi pendampingan optimal dalam meningkatan kapasitasnya, memassifkan sertifikasi kelayakan BUMDes, sumber daya manusia BUMDes dan produk-produk unggulannya sehingga akan dapat memenuhi syarat memasuki pasar dan memberi nilai lebih, membangun jaringan distribusi serta mencari pasar bagi produk lokalnya.

Dengan demikian perekonomian dapat hidup lebih sehat dan berujung kepada kemampuan warga memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik dan sejahtera. GERAK mendukung sepenuhnya Muktamar NU ke-34 di Lampung dengan langkah kongkrit akan membuat pameran produk BUMDes-BUMDes dampingan di sekitar lokasi Muktamar serta membagikan makanan lokal yang berbasis hasil bumi dan kuliner Lampung agar Muktamar berjalan sukses dan menghasilkan keputusan-keputusan yang penting dalam membangun perekonomian kerakyatan, semoga bermanfaat, amin “Ungkap Revitriyoso Husodo.