Parade Golok Cakung dan Pergelaran Seni Budaya Harmoni

 

POJOKPUBLIK.ID JAKARTA  Parade Golok Cakung dan Pergelaran Seni Budaya Harmoni Timur Jakarta 2. Menggiatkan jadi seni Budaya terutama juga bagi warga asli Betawi . Agus Sahda sebagai ketua panitia, setiap tahun kita adakan kegiatan Festival Budaya Betawi Golok Cakung dan yang lainnya, mudah mudahan jadi Budaya Kampung Cakung.Menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya.Menurut, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS. Drs.H.M.Taufik Zoelkifli M M.Sabtu (06/08/2022)

Ada Benteng 9 gudang Amonisi peninggalan Agresi Belanda kemudian ada Batu Penggilingan tebu kemudian yang 3 adalah Golok Cakung yang luar biasa,sudah mendapatkan Sk yang dibantu oleh Hasanudin sebagai Kasudin sebelumnya. Sebagai benda Cagar Budaya karena memang sudah diteliti di Magelang bahwa berumur sejak abad 14 atau 13 itu benda yang luar biasa, Alhamdulillah Berkat Suhu Jaja, sejarah suku Betawi di Cakung.Hadir pula, M. Anwar Walikota Jakarta Timur, Berkah Kasudin Kebudayaan, Camat Cakung Fajar, Danramil Cakung Kapten TNI Supriyanto.

Golok Cakung merupakan senjata tradisional yang berfungsi sebagai peralatan perang dan pelengkap seni beladiri Silat Cakung yang memiliki nilai dan simbol perjuangan melawan penjajahan. Upaya pelestarian nilai dan simbol tersebut diwujudkan dengan terbitnya SK Gubernur Nomor 91 Tahun 2022 tentang Penetapan Golok Cakung I-VII sebenda Cagar Budaya.

Sebagai upaya melestarikan Golok Cakung, Sanggar Bedok Latih dan Komunitas Golok Cakung berkolaborasi dengan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur akan menyelenggarakan Parade Golok Cakung dan Festival seni Budaya Harmoni Timur Jakarta 2 Tempat Kanal Banjir Timur, hari sabtu(06/08/2022) Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

Parade Golok dan Festival seni Budaya Harmoni Timur Jakarta 2 diawali dengan parade jalan bersama, penampilan kolaborasi seni musik tradisional kontemporer. Opick Tombo Ati serta atraksi bela diri tradisional Batawi.Terang Taufik Zoelkifli.

(Bamsur)

You might also like