Peradah Indonesia Ajak Kader Sebarkan Semangat Deklarasi Negarawan

Deklarasi semangat pemuda negarawan, Sabtu (30/7)

POJOKPUBLIK.ID JAKARTA – Sejumlah pimpinan organisasi kepemudaan melakukan Deklarasi Pemuda Negarawan Lintas Agama. Kegiatan yang bertajuk silaturahmi kebangsaan ini dilaksanaka di Taman Candika Johor Kota Medan Sumatera Utara, Jum’at (29/7/2022) dengan mengangkat tema “Pemuda Negarawan Lintas Agama Menuju Indonesia Emas 2045”.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas melalui virtual dan juga Walikota Medan Bobby Nasution yang hadir secara langsung dilokasi kegiatan. Pada kesempatan itu, Gus Yaqut mengapresiasi langkah para pemimpin organisasi kepemudaan yang mendeklarasikan Pemuda Negarawan Lintas Iman di Medan Sumatra Utara. Pesan yang disampaikan bagaimana anak-anak muda ini benar-benar mampu bisa menjadi gantungan masa depan bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini.
“Deklarasi yang luar biasa, apalagi yang hadir tokoh-tokoh muda. Yang saya yakin di tangan para anak muda ini Indonesia ke depan akan lebih baik,” kata Gus Yaqut.

Ketua Umum Peradah Indonesia i Gede Ariawan menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan Deklarasi yang dihadiri oleh 3000 kader dari seluruh OKP. dia berharap dapat menjadi semangat yang mengakar hingga ke seluruh kader disemua tingkatan.

“Saya mengajak rekan-rekan Peradah dan ormas pemuda lintas agama untuk mengadakan sulaturahmi di semua tingkatan dari pimpinan provinsi sampai komisariat desa di seluruh indonesia” ungkapnya

Ketua Umum yang akrab disapa Ige ini menambahkan, bahwa pemuda sebagai pewaris tongkat estafet demokrasi sudah seharusnya menjadi pioner-pioner dalam mempertahankan nilai-nilai pluralitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pada kesempatan yang sangat luar biasa ini, saya mengajak seluruh elemen kader mengedepankan sikap moderat dan toleransi dalam menghadapi segala situasi politik di tanah air. Sehingga polarisasi yang disebabkan isu SARA tidak terjadi lagi didalam kontestasi politik yang akan segera datang”. pungkasnya

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan Pancasila oleh Ketua Umum Gema Konghucu Kris Tan dan pembacaan Sumpah Pemuda oleh Ketua Umum Gema Mathlaul Anwar Ahmad Nawawi. Dilanjutkan, Deklarasi sekaligus Peluncuran Program Pemuda Negarawan Menuju Indonesia Emas 2045 yang dibacakan secara bergantian oleh Bendahara Umum GP Ansor Addin Jauharudin, Ketua Umum GAMKI Willem Wandik, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Ketua Umum Gemabudhi Bambang Patijaya, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Ketua Umum PERADAH I Gede Ariawan, Ketua Umum GEMAKU Kirstan, Ketua Umum GPII Masri Ikoni, dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto.

Isi Deklarasi itu yakni:

Kami Pemuda Negarawan Lintas Agama:

1. Memiliki pandangan Nasionalis dan Berketuhanan Yang Maha Esa serta menjadi garda depan dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

2. Memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan serta mengamalkan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Mengedepankan nilai etik politik kebangsaan dan kenegarawanan yang merupakan ciri khas demokrasi Indonesia yang bermartabat.

4. Memperkuat gerakan nilai-nilai moderasi beragama, serta membangun masyarakat yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong.

5. Menyuarakan isu-isu strategis nasional dan internasional serta berperan aktif dalam membangun masyarakat, bangsa, dan negara menuju Indonesia Emas 2045.

You might also like