TangerangBanten

Perumdam TKR Distribusikan Bantuan 3 Juta Liter Air Bersih, Warga: Alhamdulillah Sangat Berarti Bagi Kami

Avatar of Editor klan
×

Perumdam TKR Distribusikan Bantuan 3 Juta Liter Air Bersih, Warga: Alhamdulillah Sangat Berarti Bagi Kami

Sebarkan artikel ini
Perumdam TKR Distribusikan Bantuan 3 Juta Liter Air Bersih, Warga: Alhamdulillah Sangat Berarti Bagi Kami I PojokPublik

POJOKPUBLIK.ID Tangerang – Perumdam Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang telah mendistribusikan lebih dari 3 juta liter air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan efek dari musim kemarau yang kian belum berakhir.

Diketahui bantuan pendistribusian air bersih menggunakan mobil tangki air Perumdam TKR Hilir Mudik yang datang dari kantor pusat dan kantor cabang sudah berjalan selama tiga bulan terhitung dari bulan juli lalu.

Bantuan ini bahkan tidak hanya mencakup lingkungan Kabupaten Tangerang, ada beberapa titik permintaan bantuan yang berasal dari Kota Tangerang Selatan.

Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar mengungkapkan aksi bantuan air bersih gratis ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab Perumdam TKR kepada masyarakat yang sangat membutuhkan dan kesulitan memperoleh air bersih dalam kondisi saat ini.

“Dampak dari El Nino (kemarau dan kekeringan) ini membuat kami tidak berdiam diri, kami selalu merespon permintaan bantuan air bersih dari masyarakat yang membutuhkannya,” ungkap Sofyan, Jumat, (06/10/2023).

Sofyan yang minggu lalu baru saja membawa Perumdam TKR Kabupaten Tangerang terpilih menjadi BUMD Air Nomor 1 Terbaik se-Indonesia di ajang BUMD Awards Kemendagri 2023 berkomitmen, walaupun kondisi volume air di Sungai Cisadene saat ini tidak dalam kondisi normal dan terus menurun, ia akan berupaya cari alternatif sehingga kebutuhan air bersih masyarakat terpenuhi.

“Kami terus berupaya memaksimalkan produksi air bersih, meski debit air di sungai Cisadane serta sungai lainnya yang menjadi sumber bahan baku menurun,” ujarnya.

Ia menjelaskan permintaan bantuan air bersih mulai meningkat dimulai bulan Juli lalu, dan membuat pihaknya harus mengerahkan 2-3 tangki mobil per tiap harinya ke lokasi titik-titik yang membutuhkan.

Jika dirincikan, pada Juli 2023 diketahui mobil tangki air Perumdam TKR Hilir Mudik telah mendistribusikan sebanyak 1.285.000 liter air bersih ke 81 titik lokasi. Lanjut di bulan Agustus sebanyak 1.065.000 liter air bersih untuk 66 titik lokasi. Lalu pada bulan September sebanyak 845.000 liter telah terdistribusikan ke 85 lokasi.

“Tiap lokasi antara 5 sampai 30 meter kubik air atau 5 ribu sampai 30 ribu liter air bersih,” jelas Sofyan.

Sofyan mengatakan bantuan air bersih ini terus berjalan dan permohonan bantuan dapat dilakukan melalui aplikasi Simpel TKR sehingga pihaknya dapat langsung tanggap merespon.

“Sampai saat ini Perumdam TKR membuka layanan pengaduan contact centre, juga menggunakan Aplikasi Simpel TKR untuk merespon permohonan bantuan air bersih tersebut,” katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya akan selalu merespon permintaan bantuan air bersih, khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Sebab kehadiran kami sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam melakukan pelayanan publik di segmen air bersih.

Selain itu, bantuan air bersih ini merupakan tanggungjawab Perumdam TKR selaku BUMD Air di Kabupaten Tangerang.

“Tentunya ini sudah menjadi kewajiban sekaligus tanggungjawab sosial kami selaku BUMD air bersih. Sehingga kehadiran kami pun benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” terangnya.

Disamping itu, selain mobil tangki air yang berasal dari Perumdam TKR, diketahui ada juga yang berasal dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang yang difasilitasi air bersih dari Perumdam TKR.

“Jadi 3 juta liter air bersih yang sudah disalurkan tersebut permintaan bantuan yang langsung melalui kami. Sementara ada juga bantuan yang melalui BPBD Kabupaten Tangerang. Kami fasilitasi air bersihnya, sementara armadanya menggunakan mobil tangki BPBD,” ungkap Sofyan.

Anudin, warga Kampung Cogreg, Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa yang telah mengalami kesulitan air bersih karena rendahnya debit air di sumur rumahnya selama satu bulan belakangan ini, mengucapkan terima kasih kepada Perumdam TKR atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulilah, bantuan dari Perumdam TKR tersebut sangat membantu kami yang memang sedang kesulitan air bersih,” ujarnya.

Sementara itu di titik lokasi lain, Tabrani, yakni warga Desa Saga, Kecamatan Balaraja mengungkapkan, ia mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan air bersih dari Perumdam TKR sangat membantu dirinya dan warga sekitar yang saat ini tengah krisis air bersih.

“Kami sangat berterimakasih kepada Perumdam TKR karena mendapatkan bantuan air bersih, sehingga mengurangi beban pengeluaran kami untuk membeli air bersih. Semoga ke depan, kami bisa dapat bantuan lagi,” ungkapnya.