Peserta Dikdas BLK Komunitas Kunjungi Alam Sari, Belajar Kembangkan Produk Olahan Buah

Pojokpublik.id Subang – Puluhan peserta Pendidikan Dasar (Dikdas) Instruktur Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) mengunjungi pabrik olahan buah nanas Alam Sari di Subang, Jawa Barat, pada Kamis 2 November 2023. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka studi dan pemantapan praktek lapangan calon instruktur BLKK.

Pemilik Alam Sari H Ade Patas mengungkapkan antusiasnya telah dikunjungi oleh calon-calon Instruktur BLK Komunitas Kemenaker RI. Ia mengatakan, suatu kebanggaan telah dikunjungi dan bisa berbagi pengalaman kepada peserta Dikdas BLK Komunitas ini.

“Selamat datang di rumah kami, semoga bisa berbagi pengalaman dan bisa bermanfaat kepada semuanya,” ujar Haji Ade.

Ia menuturkan, Alam Sari ini telah dirintis olehnya sejak tahun 1997. Sebagai komoditas pengolahan nanas, awalnya membuat produk dodol dari buah nanas sebagai unggulan. Hingga akhirnya membuat produk lain, seperti, sirup, kerupuk, wajik, coklat nanas dan makanan tradisional lainnya.

“Produk pertama kami adalah dodol. Kemudian, mengembangkan produk lainnya dari olahan nanas, dan hasilnya sekarang buah nanas menjadi komoditas di Subang,” ungkap Haji Ade.

Ia berharap, kunjungan ini bisa memberikan pengalaman baru kepada calon-calon instruktur BLK Komunitas untuk mengembangkan produk buah-buahan. Sesuai dengan komoditas masing-masing. Sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat dan mengurangi angka pengangguran didaerahnya masing-masing.

“Sejak berdiri, tujuan kami adalah mengembangkan produk olahan buah nanas sebagai komoditas di daerah Subang. Dan, Alhamdulilah, bisa sedikit membantu sebagian masyarakat,” kata Haji Ade.

Sementara, Instruktur Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung Barat Hendra Gunawan menyampaikan, kunjungan ini dilaksanakan untuk memberi pengalaman praktek langsung kepada peserta Dikdas BLK Komunitas. Sehingga, bisa memahami tatacara secara langsung kepada pelaku UMKM.

“Kita bisa belajar pada mereka dalam pengolahan buah untuk dijadikan produk,” kata Hendra.

Selain belajar pengolahan buah, kata Suhendra, peserta diharapkan bisa melihat, memahami, dan mengambil pengalaman dari pelaku UMKM yaitu Alam Sari. Mengamati olahan nanas dari dodol, keripik, sirup, dan olahan lainnya untuk dipraktekkan. Sesuai dengan komoditas dari masing-masing daerah peserta BLK Komunitas.

“Kita kesini belajar langsung kepada ahlinya yang sudah berpengalaman, sehingga bisa dipraktekkan diwilayahnya masing-masing nanti,” tandas Hendra.

Kendati demikian, salah satu Peserta Dikdas BLK Komunitas Radiyan Dwi Putra, merasa sangat antusias dalam kunjungan yang dilakukan itu. Menurutnya, hal ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Karena bisa mengambil pengalaman dari pelaku UMKM sehingga bisa dikembangkan di daerahnya.

“Ini pengalaman yang sangat berharga. Karena bisa belajar langsung kepada pelaku UMKM dalam mengembangkan produk olahan buah,” ungkap Radiyan, lelaki asal Brebes ini.

You might also like