Pj Bupati Tangerang Andy Tinjau Langsung Masyarakat Yang Terdampak Kekeringan

Pj Bupati Kabupaten Tangerang Andy Ony Prihartono saat meninjau wilayah yang terdampak kekeringan di Kampung Rancasadang, Desa Tapos, Kabupaten Tangerang, Jum'at (13/10/2023).

POJOKPUBLIK.ID Tangerang – Pj Bupati Kabupaten Tangerang Andy Ony Prihartono merespon keluhan masyarakat mengenai krisis air bersih di Kampung Rancasadang, Desa Tapos, Kabupaten Tangerang.

Andy segera datang meninjau lokasi secara langsung didampingi oleh Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar untuk melihat kondisi Sarana Air Bersih (SAB) yakni Sumur Cadas yang dikeluhkan masyarakat.

Pj Bupati Tangerang tersebut juga mendatangkan bantuan air bersih yang dibawa mobil tangki air Perumdam TKR, agar bisa didistribusikan kepada masyarakat sekitar.

Ia menginstruksikan Perumdam TKR untuk bergegas tuntaskan permasalahan kekeringan tersebut serta membentuk tim khusus dan sarana pengaduan agar masyarakat yang terdampak kekeringan di wilayah lainnya dapat segera diatasi.

“Beberapa minggu ini memang banyak permintaan dan keluhan masyarakat terhadap kekeringan dan kebutuhan air bersih, saya sudah perintahkan Direktur Utama Perumdam TKR untuk tanggap dan merespon keluhan masyarakat agar penyediaan air bersih kepada masyarakat dapat diatasi,” ujar Andi, Jum’at (13/10/2023).

Sementara itu Direktur Utama Perumdam TKR, Sofyan Sapar mengatakan masyarakat dapat langsung menghubungi Contact Centre milik Perumdam TKR untuk melaporkan pengaduan bagi masyarakat yang mengalami permasalahan air bersih sehingga pihaknya dapat segera mengatasinya.

“Untuk pelanggan yang sudah terlayani jaringan perpipaan oleh Perumdam TKR, tidak semua mengalami keluhan distribusi air, akan tetapi beberapa daerah memang ada keluhan, tetapi antisipasi bisa dilakukan dengan pendistribusian secara bergiliran, dimohon masyarakat dapat memaklumi kondisi ini, dan Perumdam TKR membuka layanan pengaduan Contact Centre 150117,” ucapnya.

Sofyan juga menjelaskan, saat ini Perumdam TKR mempunyai 7 mobil tangki yang beroperasi selama 24 jam untuk mengantisipasi keluhan masyarakat.

Selain itu, Pj Bupati Tangerang Andy juga meninjau lokasi embung dan situ yang dinilai berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi sumber air alternatif

Andy menginstruksikan kepada Perumdam TKR untuk membuat program kerja tentang antisipasi kemarau pada kegiatan RKA di 2024 mendatang.

Adapun beberapa antisipasi yang dimaksud yaitu, pemanfaatan embung dan situ yang berada di Kabupaten Tangerang sebagai Backup Air jika seandainya Sungai Cisadane, Sungai Cidurian, dan Sungai Cimanceri mengalami kekeringan.

You might also like