Sekjen Kemendagri Tegaskan Pegawai Harus Miliki Mental Melayani

POJOKPUBLIK.ID, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta aparatur atau pegawai di lingkungan Kemendagri memiliki mental melayani.

Menurut Suhajar, hal itu sejalan dengan core values BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Kita itu sebagai pegawai, harus budaya kerjanya itu (BerAKHLAK),” katanya dalam acara Internalisasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding BerAKHLAK dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” di Lingkungan Biro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Admin Pengelola dan Pengaduan Informasi, Kemendagri Gelar Bimtek di Lingkungan Pemda 

Suhajar menambahkan, core values BerAKHLAK harus ditanamkan bagi setiap pegawai, apa pun kewajiban dan tugas yang dibebankan kepadanya. Karenanya, penting bagi para pegawai untuk memiliki mental melayani.

“Jadi kata kuncinya adalah berorientasi pada pelayanan. Siapa kita? Kita adalah pelayan, dari mulai saya, sampai cleaning servis, kita adalah pelayan,” tuturnya.

Suhajar menegaskan, perlu ada perubahan mental yang berorientasi pada ‘mental melayani’.

Baca juga: Sekjen Kemendagri: Reformasi Birokrasi Upaya Wujudkan Transformasi Organisasi Pelayanan

Pola pikir inilah yang harus ditanamkan, diinternalisasi, dan diterapkan sebagai budaya kerja.

Suhajar menambahkan, mentransformasikan diri menjadi ‘pelayan’ masih sulit diterapkan. Kondisi itu di antaranya akibat ketidakpahaman aparatur dengan ‘mental melayani’ atau sudah mengetahui namun tidak menerapkannya.

“Jabatan apa pun Anda sekarang, mau Sekjen sampai dengan Pamdal, apa pun jabatan yang Anda sandang, kerja Anda itu adalah melayani,” tandas Suhajar.

(Nanda)

You might also like