Sekjen Kominfo Ajak Delegasi DEWG Kunjungi Pameran Tranformasi Digital ITF-DEWG  

POJOKPUBLIK.ID – Pemerintah Republik Indonesia terus berkomitmen untuk melakukan percepatan transformasi digital. Dalam hal ini, Presidensi G20 Indonesia terus mendorong diskusi, negosiasi, sekaligus kolaborasi digital antara negara-negara anggota G20 melalui G20 Digital Economy Working Group (DEWG). Salah satu bentuk kolaborasi untuk pengembangan ekosistem digital nasional adalah dengan keterlibatan pelaku industri.

Sebagai wadah bagi para pelaku industri penyelenggara platform digital di Indonesia, baik yang berskala nasional maupun multinasional, Industry Task Force (ITF) DEWG turut berpartisipasi dalam kesuksesan penyelenggaraan DEWG sekaligus berkolaborasi mendukung Pemerintah mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Selama pelaksanaan Pertemuan Kelompok Kerja Ekonomi Digital keempat atau the 4th G20 DEWG Meeting, ITF DEWG mempertunjukkan adopsi teknologi digital Indonesia kepada seluruh delegasi dari negara anggota G20. Dalam showcase ini, ITF akan menampilkan gambaran transformasi digital Indonesia dari berbagai sektor yang meliputi 4 pilar transformasi digital yaitu, infrastruktur digital (digital infrastructure), pemerintahan digital (digital governance), ekonomi digital (digital economy) dan masyarakat digital (digital society) melalui 12 stan dari 12 perusahaan dan 2 instansi pemerintah.

Sekjen Kementerian Kominfo sekaligus Chair DEWG Mira Tayyiba mengajak delegasi negara anggota G20 untuk menyaksikan pembukaan showcase ITF DEWG oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI dan berkunjung ke berbagai stan penyelenggara platform digital yang dibuka selama pelaksanaan Pertemuan DEWG dan Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital.

“Saya juga ingin mengajak para delegasi untuk menghadiri pembukaan pameran Industry Task Force Digital Economy Working Group, yang akan menampilkan gambaran transformasi Digital Indonesia di berbagai sektor,” ujarnya dalam makan malam pembuka yang diselenggarakan di Unity Garden Mulia Resort Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/08/2022).

Menurut Sekjen Mira Tayyiba, ajang pameran ini dapat menjadi platform untuk memfasilitasi negara anggota dan ITF-DEWG untuk berinteraksi, berjejaring, serta membuka peluang untuk memperkuat kolaborasi antar pemangku kepentingan yang lebih kuat.

“Beberapa stan juga akan menyediakan permainan interaktif yang dapat dimainkan oleh kita semua, untuk melepas penat dan mengistirahatkan pikiran sejenak dari diskusi yang panjang,” jelasnya.

Selama pelaksanaan DEWG, pelaku industri melalui ITF DEWG telah dilibatkan dan berkontribusi terhadap berbagai rangkaian kegiatan DEWG, mulai dari partisipasi di berbagai side event berupa lokakarya, pameran digitalisasi UMKM dan teknologi futuristik, serta menyelenggarakan kegiatan pendukung diantaranya webinar, media briefing dan sharing session. Selain penyelenggaraan kegiatan yang bersifat substantif, ITF DEWG juga menyuguhkan pengalaman teknologi yang interaktif dan futuristik bagi seluruh delegasi dan tamu undangan.

You might also like