Sosial Politik

Sekjen SKI Ungkap Cara Pelaksanaan Musyawarah Reboan Pendukung Anies Baswedan

Avatar of Redaksi
×

Sekjen SKI Ungkap Cara Pelaksanaan Musyawarah Reboan Pendukung Anies Baswedan

Sebarkan artikel ini
Musyawarah Reboan
Musyawarah Reboan

JAKARTA – Musyawarah Reboan dapat menjadi forum bersama masyarakat untuk membahas berbagai permasalahan sosial setempat. Hal tersebut diungkapkan Sekjen Sekretariat Kolaborasi Indonesia, Raharja Waluya Jati.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Ia menuturkan beberapa teknis pelaksanaan agar kegiatan tersebut berjalan optimal, “Reboan digelar setiap minggu pada hari Rabu dan diadakan di tempat atau rumah warga. Dan dihadiri warga yang merupakan pendukung Anies Baswedan.”

Selain itu Jati mengatakan topik musyawarah diskusi dapat mengenai persoalan bersama di desa atau masalah nasional yang sedang aktual.

“Nanti hasil musyawarah tersebut dapat diinformasikan dengan mengisi form di web reboan.id/report, yang juga memuat tata cara pelaporan kegiatan,” jelasnya pada media, Senin 24 Juli 2023.

Ia menambahkan peserta musyawarah juga dapat mengirim pesan ke whatsapp di nomor 0881082491008 atau 0881082490288, dengan format nama pelapor dan nomor WA serta alamat lengkap pelaksanaan. Selain itu juga dituliskan hasil Musyawarah Reboan dan foto kegiatan.

Jati mengajak setiap pendukung Anies Baswedan yang berada di sekitar lokasi Musyawarah Reboan dapat ikut berpartisipasi dan menghidupkan diskusi antar warga tersebut.

Musyawarah Reboan merupakan ruang guyub di tingkat masyarakat, dimana budaya guyub tersebut terkikis modernisasi.

Dan kegiatan ini dalam prosesnya memurnikan nilai demokrasi yang selama ini terdistorsi, sehingga masyarakat pada umumnya memandang demokrasi hanya sebatas berbicara politik saja.

“Proses ini sebenarnya memaknai kembali demokrasi sebagai proses substansial, alih-alih sebagai proses elektoral apalagi transaksional. Tetapi di saat bersamaan metode ini bisa direplikasi dan dikerjakan oleh siapapun,” sambungnya.

Selain menangkap keresahan masyarakat pada persoalan sosial, kegiatan ini juga menggalang dukungan masyarakat setempat, tutup Jati.