Setelah Sukses di Nias, Tim GISA 3T Dukcapil Lanjut Sasar Masyarakat Kabupaten Sorong dan Maybrat

POJOKPUBLIK.ID, SORONG – Setelah sukses memberikan pelayanan adminduk di Nias Utara dan Nias Selatan, tanpa kenal lelah kali ini Tim Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri yang dimotori oleh Sesario Fernandes menjangkau daerah yang masuk dalam wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) yaitu Sorong dan Maybrat Papua Barat tanggal 14-15 Juli untuk jemput bola memberikan pelayanan administrasi kependudukan. 

Wilayah 3T digolongkan sebagai daerah yang dinilai masih memerlukan bantuan dalam berbagai bidang termasuk sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan juga berbagai kebijakan dalam skala nasional lainnya.

Tim yang terdiri lima personil itu tiba di Bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong, Rabu (13/7/2022) pukul 07.00 WIT atau satu hari sebelum pelayanan jemput bola untuk persiapan.

Baca juga: Dukcapil Kemendagri Terbitkan 16 Akta Kematian Jamaah Haji Secara Cepat dan Mudah

Dari Sorong, rombongan berpisah menjadi 2 tim untuk bertugas masing-masing di Kabupaten Sorong dan Kabupaten Maybrat dan berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil setempat.

Menurut Sesario, pihaknya berkoordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Sorong, dan perwakilan Dinas Dukcapil Provinsi Papua Barat.

“Pertama kami membahas teknis pelaksanaan kegiatan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan yang dihelat di alun-alun Distrik Aimas mulai tanggal 14 hingga 15 Juli 2022,” singkap Rio panggilan akrabnya.

Baca juga: Tim GISA Dukcapil Cetak 1619 Dokumen Kependudukan Selama 2 Hari Jemput Bola di Nias Selatan dan Nias Utara

“Selanjutnya, Tim bakal melayani kegiatan jemput bola (Jebol) bukan hanya perekaman dan pencetakan KTP-el saja. Seluruh layanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil kami layani. Artinya, mulai dari KK hingga akta-akta lahir-mati-kawin-cerai semua kami layani termasuk pencetakan kartu identitas anak dan surat keterangan pindah kami layani langung di lokasi,” lanjut Rio.

Kadis Dukcapil Kabupaten Sorong Edi Siswanto mengungkapkan alasan mengapa dirinya memilih kegiatan Jebol Pelayanan Adminduk GISA 3T dipusatkan di alun-alun Distrik Aimas. “Sebab selain letaknya strategis, lokasinya juga mudah dicapai menggunakan sarana transportasi umum. Sehingga masyarakat dari distrik lain relatif mudah untuk menuju lokasi pelayanan,” kata Kadis Edi.

Sementara Tim GISA 3T yang bertugas di Maybrat juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Maybrat.

Baca juga: Kemendagri dan Kemlu Data Penduduk WNI di Jeddah Arab Saudi

“Kami sudah rapat teknis dengan jajaran Disdukcapil Maybrat dan perwakilan Disdukcapil Provinsi Papua Barat. Rapat memutuskan jemput bola pelayanan adminduk digelar di kantor Kecamatan Mare Selatan. Waktunya sama tanggal 14-15 Juli 2022,” kata Bertho Andreas Sembiring pentolan Tim GISA 3T di Kabupaten Maybrat.

Bertho menyebut alasan kenapa kantor Kecamatan Mare Selatan dipilih sebagai lokasi pelayanan Jebol adminduk.

“Karena ini titik yang strategis dan mudah dijangkau masyarakat,” kata dia.

Pelayanan Adminduk di kantor Kecamatan Mare Selatan juga mencakup seluruh pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Baca juga: Kemendagri Minta Pemda Magelang Percepat Pembangunan TPST

David Yama Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri di tempat terpisah meminta agar Tim Gisa 3 T tetap semangat untuk terus secara maksimal melayani penduduk dimanapun dan kapanpun namun tetap juga menjaga protokol kesehatan guna melindungi diri dan penduduk yang dilayani.

Sementara Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan berpesan agar Tim dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada di setiap daerah demi memudahkan pencapaian target pelayanan adminduk.

Mendagri Tito Karnavian mengarahkan agar seluruh layanan adminduk terselenggara dengan baik di seluruh penjuru negeri tanpa diskriminasi. (Nanda)

You might also like