DKI Jakarta

Survei INES : Elektabilitas Prabowo-Gibran Menang dua Putaran di Pilpres 2024

Avatar of Redaksi
×

Survei INES : Elektabilitas Prabowo-Gibran Menang dua Putaran di Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Taat Beragama Penyebab Warga Klewer Solo Pilih AMIN Ketimbang Gibran

JAKARTA (Pojokpublik.id )-Indonesia Network Election Survey (INES) kembali melakukan survei terkait pemilihan presiden (pilpres) 2024, Hasil survei INES menunjukkan bahwa pilpres 2024 terjadi dua putaran.

Direktur Eksekutif INES Andri Gunawansurvei INES ( Indonesia Network Election Survey)
mengatakan, survei dilakukan dari 1 -13 November 2023, jumlah Reponden 2200 yang tersebar di 469 Kabupaten / Kota di Indonesia dengan Tingkat Kepercayaan 95%. Memiliki Margin Of Error 2,09%.

Tingkat Keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 17 tahun -35 tahun untuk
Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming ( 41,1%)
Ganjar Pranowo- Mahfud MD ( 38,8%)
Anies Baswedan – Muhaimin ( 13,6%)
Tidak Memilih (6,5%).

Tingkat keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 36 tahun keatas untuk
Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming ( 39,4%)
Ganjar Pranowo- Mahfud MD ( 39,1%)
Anies Baswedan – Muhaimin ( 15,4%)
Tidak Memilih (6,1%).

Menurut Andri Gunawan dari hasil survei berpotensi dua putaran mengatakan, pengaruh Gibran pada pemilih segmen usia 17-35 tahun memberikan dampak keterpilihan yang sangat produktif terhadap pasangan Prabowo – Gibran.

Sementara tingkat Keterpilihan Ganjar Pranowo -Mahfud MD pada segmen pemilih yang tinggal di pedesaan dibandingkan pemilih yang tinggal di perkotaan.

Menanggapi hasil survei INES, Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto, mengatakan, pengaruh Gibran itu sangat potensial untuk menjadi pemenang dalam kontestasi pilpres 2024.

Sosok Gibran itu sebenarya merupakan pengejawantahan dari sosok Jokowi sehingga banyak pemilih yang setia dengan Jokowi beralih ke Gibran.

“Saya selalu mengamati di linimasa media sosial baik – baik dari kalangan generasi milenial maupun gen z rerata memberikan dukungan kepada Gibran,” kata Bambang kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Bambang menyebutkan, jika melihat hasil survei INES melihat peluang Prabowo-Gibran mendapatkan suara lebih besar.

“Hal itu Karena Gibran telah menjadi ikon dari generasi internet dan kaum muda. Ini yg tdk dimiliki oleh pasangan Ganjar dan Anies. Sehingga saya meyakini ini justru bisa 1 putaran ,” ucap Bambang.

Meskipun banyak pihak yang meragukan dengan sosok Gibran yang masih muda.” Tapi perlu diingat bahwa pendukung dan relawan setia dari Jokowi akan tetap mendukung keluarga Jokowi yang artinya Gibran,” pungkasnya.

Sementara di wilayah Perdesaan tidak semua pemilih sepakat dengan Ganjar, Karena banyak pemilih di perdesaan itu pendukung Jokowi.

“Artinya para pendukung setia Jokowi akan memilih figur yang paling dekat dengan Jokowi. Apalagi Kaesang juga menyatakan mendukung Gibran. Ini bukti nyata bahwa Jokowi itu merestui putranya untuk melaju dalam pilpres 2024,” imbuhnya.

Bambang menjelaskan,tentu ini sangat berbahaya bagi kandidat lain. Karena akan melawan pendukung Jokowi yang cukup solid.

“Dilinimasa media sosial saya melihat banyak pendukung lama Jokowi yang menyerang Gibran. Justru ini akan menjadi blunder bagi mereka, publik akan memberikan apresiasi kepada Gibran.Jadi menurut sy hadirya Gibran itu memberikan dampak signifikan bagi Prabowo utk menang dalam pilpres 2024,” ujarnya.

Menurut dia, Gibran itu gestur tubuhnya menyerupai Jokowi dan ini sangat membuat generasi muda tertarik utk mendukung beliau. Ini tentu membuat potensi pasangan Prabowo Gibran bisa memenangi 1 putaran.

Lebih lanjut dia menyebutkan, bahwa pemilu 2024 berbeda dgn sebelumnya.Karena pemilih merasa Jokowi merupakan sosok presiden yang dekat dengan rakyat.

“Tapi di 2024 sosok yang menyerupai Jokowi hanya terlihat dari sosok Gibran.
Sementara Ganjar tidak terlalu terlihat di aras bawah,” ujarnya.