Tim GISA Dukcapil Di Nabire Bikin Pasangan Menikah Makin Bahagia Diberi Langsung 6 Dokumen Kependudukan

POJOKPUBLIK.ID – Ada oleh-oleh istimewa diberikan oleh Tim GISA Dukcapil Kemendagri di Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Tim kedua yang diberangkatkan Ditjen Dukcapil Kemendagri ke Nabire ini berkesempatan memberikan dokumen kependudukan pada pasangan berbahagia Benediktus Renald Kayame & Aprillia Cenyo Mofu yang melangsungkan resepsi pernikahan di Nabire, Senin (22/8/2022) petang.

“Pasangan pengantin baru ini resmi dicatatkan pernikahannya pada register perkawinan dan entri pada Sistem SIAK Terpusat. Keduanya mendapatkan 6 dokumen layanan sekaligus, yakni KK dengan status Kawin Tercatat, Akta Perkawinan, 2 KTP-el dengan perubahan status dari Belum Kawin menjadi Kawin, dan 2 KK baru orangtua dengan menghilangkan nama pengantin karena sudah pisah KK,” jelas Walter Edward Malau pimpinan Tim Nabire.

Baca juga: Tito Karnavian Imbau Daerah Saling Bekerja Sama Atasi Laju Inflasi

Penyerahan 6 dokumen layanan terintegrasi itu dilakukan oleh Kadis Dukcapil Kabupaten Nabire Barnabas Watopa disaksikan oleh Sekda Herman Kayame dan orangtua pengantin serta seluruh hadirin pada pesta perkawinan itu.

“Terima kasih banyak Dukcapil, saya tidak menyangka, ternyata orang menikah mendapatkan 6 dokumen sekaligus, jadi melengkapi kebahagiaan kami di hari bahagia” ujar pasangan Benediktus Renald Kayame & Aprillia Cenyo Mofu.

Walter Malau yang baru selesai dari pelayanan jemput bola di Kepulauan Yapen, mendarat di Wamena jam 10.20 WIT. Di sana dirinya bertemu dengan Rully rekan satu tim untuk berangkat ke Nabire.

Sementara Tim GISA yang bertugas ke Kabupaten Jayawijaya, yakni Ahmad Ridwan dan Bertho langsung dijemput Kadis Dukcapil Jawijaya.

Mereka langsung koordinasi internal Dukcapil Jayawijaya serta melapor ke Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kependudukan mewakili Bupati Jayawijaya.

Mulai Selasa (23/8/2022) hari ini, kedua tim yakni Tim Nabire dan Jayawijaya bakal melakukan pelayanan jemput bola melayani pencetakan dokumen kependudukan di lokasi masing-masing hingga Sabtu (27/8/2022).

David Yama Direktur Dafduk di Ditjen Dukcapil senang mendapat kabar itu dan mengucapkan selamat kepada pasangan pengantin baru yang berbahagia dan juga berpesan kepada tim untuk tetap semangat, jaga kesehatan dan sukses selalu dalam pekerjaan yang sedang dilakukannya.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh berpesan kepada semua Tim GISA di wilayah Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan ini untuk saling memperkuat dan berkoordinasi.

“Sangat tidak mudah jemput bola di Papua, tetap dengan berkoordinasi semuanya akan jauh lebih mudah,” ujar Dirjen Zudan.

Bentuk layanan yang diberikan secara allout dari Tim GISA kepada masyarakat Papua, kata Dirjen Zudan, sesuai dengan arahan orang nomor satu di Kemendagri, yakni Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

(Nanda/puspen)

You might also like