Tito Karnavian Minta Penjabat Kepala Daerah Manfaatkan Kepercayaan Presiden

POJOKPUBLIK.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Penjabat Kepala Daerah yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (16/6/2022).

Tito mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada penjabat yang telah dilantik.

Adapun penjabat yang hadir dalam acara tersebut yang terdiri dari 5 penjabat gubernur dan 43 penjabat bupati/wali kota.

Untuk mengisi acara tersebut hadir narasumber dari berbagai kementerian dan lembaga antara lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Wakil Kepala Kepolisian RI, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kejaksaan Agung.

Baca juga: Dukung Pelayanan Kesehatan Daerah, Tito Karnavian: Siap Keluarkan Kebijakan Yang Diperlukan

Tito meminta kepada penjabat kepala daerah yang sudah dilantik agar memanfaatkan kepercayaan dari bapak presiden untuk melaksanakan program Pemerintahan yang ada di daerahnya dengan baik.

“Karena mereka bukan dipilih rakyat, jadi tidak ada biaya politik. Ini adalah momentum mereka untuk berprestasi dan berkarier sehingga mereka menjadi lebih baik lagi,” ucap Tito.

Tito juga menjelaskan, bahwa penjabat akan akan menjabat sesuai dengan aturan yakni satu tahun dan bisa diganti, bisa di perpanjang juga dan akan dilakukan evaluasi tiga bulan sekali.

Tito mengatakan, syarat untuk menjadi penjabat gubernur yakni pejabat tinggi madya serta penjabat bupati/wali kota pejabat tinggi pratama dan memenuhi syarat-syarat lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(Nanda)

You might also like