Pojokpublik.id JAKARTA – Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Hery Susanto, didampingi Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Dedy Irsan, menyerahkan Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 di wilayah kerja Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya. Acara diselanggarakan pada Rabu, 18 Desember 2024, di AONE Hotel, Menteng, Jakarta Pusat.
Selebrasi ini berlangsung meriah, dibuka dengan pertunjukkan tari kreasi “Hantaran Bakul” oleh siswi-siswi SMP Negeri 28 Jakarta. Dr. Hery Susanto, S.Pi. M.Si. selaku Pengampu Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya,
Hery menyapa para undangan yang hadir antara lain Dr. Teguh Setyabudi selaku Pj. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Alen Saputra selaku Kepala Kanwil ATR/ BPN Provinsi DKI Jakarta, Kaper Ombudsman Jakarta Raya Dedy Irsan dan jajaran, Inspektur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dhany Sukma, Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Provinsi DKI Jakarta, Para Walikota dan Bupati se-Provinsi DKI Jakarta, Para Kapolres se-Polda Metro Jaya, Para Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi DKI Jakarta.
“Selamat kepada seluruh instansi penyelenggara layanan yang menerima Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun ini” ujar Hery dalam sambutannya.
Ia menambahkan bahwa mayoritas instansi yang dinilai berhasil masuk dalam Zona Hijau dengan kualitas pelayanan publik Tinggi hingga Tertinggi.
“Tahun 2025, seluruh instansi perlu bersiap-siap, mengingat cakupan penilaian akan lebih kompleks dan membutuhkan kerja sama, koordinasi, serta kolaborasi guna mendorong peningkatan pelayanan publik di wilayah Jakarta Raya,” kata Hery.
Sementara itu, Dedy Irsan dalam sambutannya menegaskan bahwa fokus utama penilaian ini adalah terciptanya pelayanan publik berkualitas, adil dan tanpa diskriminasi yang dapat dirasakan manfaatnya bagi Masyarakat/ pengguna layanan secara optimal.
“Mendapatkan nilai maupun predikat tertinggi penting, tetapi pelayanan publik yang prima adalah tujuan utama dari penilaian ini,” jelasnya.
Penilaian dilakukan pada lingkup pemerintah daerah di lingkungan Provinsi DKI Jakarta dari tingkat provinsi sampai tingkat kota/ kabupaten administrasi.
Sementara, untuk instansi vertikal, penilaian dilakukan pada lingkup Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan pada lingkup Kantor Pertanahan di wilayah Kanwil ATR BPN Provinsi DKI Jakarta.
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat memperoleh nilai 97.98 dengan kualitas tertingi zona hijau kategori A, berhasil meraih peringkat 8 nasional dan terbaik di wilayah Provinsi DKI Jakarta.
Untuk Polri, Polres Metro Tangerang Kota memperoleh nilai 96.17 kualitas tertinggi zona hijau kategori A, berhasil meraih peringkat 1 di wilayah hukum Polda Metro Jaya. peringkat kedua diraih Polres Metro Tangsel dengan nilai 92,66 zona hijau kualitas tertinggi Kategori A, peringkat ketiga Polres Metro Jakarta Utara dengan nilai 90,01 zona Hijau Kualitas Tertinggi Kategori A, peringkat keempat Polres Bandara Internasional Soetta dengan nilai 89,89 zona Hijau Kualitas Tertinggi Kategori A, dan Peringkat kelima Polres Metro Jakarta Pusat dengan nilai 89,57 zona Hijau Kualitas Tertinggi Kategori A, Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat memperoleh nilai 96.29 kualitas tertinggi zona hijau kategori A berhasil meraih peringkat 1 tingkat Kanwil ATR/ BPN Provinsi DKI Jakarta. Peringkat kedua diraih Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat dengan nilai 93,31 zona Hijau Kualitas Tertinggi Kategori A dan Peringkat Ketiga diraih Kantor Pertanahan Kota Jakarta Utara dengan nilai 91,55 zona Hijau Kategori A Kualitas Tertinggi.
Ombudsman Republik Indonesia berharap seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, bukan hanya pada instansi yang menjadi locus penilaian ini. Ombudsman Republik Indonesia yakin meningkatnya kualitas pelayanan publik akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup Masyarakat di Indonesia karena semua layanan akan menjadi mudah di akses oleh seluruh Masyarakat.
Kemeriahan acara selebrasi ini, ditutup dengan apresiasi dari Pj. Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Kanwil ATR/ BPN Provinsi DKI Jakarta selaku penerima penghargaan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024. Acara Penganugerahan Kepatuhan diselingi dengan hiburan Band Jakarta 1 dari Kanwil BPN DKI Jakarta.